Manfaat Ekstrak Kulit Buah Manggis

Selain rasanya yang manis, buah manggis juga memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan anda. Bahkan di beberapa negara telah menjadikan buah manggis ini sebagai bahan terapi juga sebagai obat alternatif. Selain itu, di kalangan masyarakat tradisional, manggis dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti sariawan, amandel, dan borok karena kemampuannya sebagai anti peradangan dan anti inflaminasi yang ada pada buah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kulit buah manggis kaya akan anti-oksidan, lemak, protein, karbohidrat dan banyak mengandung air.

Tak hanya buahnya saja, ternyata banyak juga manfaat ekstrak kulit buah manggis untuk kesehatan kita loh. Untuk yang belum tahu, berikut akan saya jelaskan tentang apa saja manfaat ekstrak kulit buah manggis:

1. Manfaat ekstrak kulit buah manggis salah satunya yaitu menghambat pertumbuhan sel kanker. Di alam, terdapat hampir dua ratus jenis bahan xanthone, namun empat puluh jenis di antaranya terdapat dalam buah manggis. Kulit buah manggis mengandung banyak senyawa xanthone yang meliputi mangostig, mangostenol, mangostinon A dan B, trapezifolizanthone, tovophylin B, alfa dan beta mangostin, garcinon B, gartanin, dan epicatechin. Banyaknya kadar xanthone yang tergandung dalam kulit buah manggis mencapai 123,97 mg/mil.

Adanya kandungan xanthone ini mampu menyembuhkan dan mencegah beberapa penyakit, seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker hati, kanker pencernaan, dan kanker darah. Adanya sifat antiproliferasi yang terkandung dalam ekstrak kulit manggis dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, xanthone ini juga dapat menyembuhkan penyakit TBC, asma, diare, peyakit jantung koroner, HIV dan masih banyak lagi manfaat ekstrak kulit buah manggis lainnya. Baca juga, manfaat buah pir untuk kesehatan.

2. Manfaat ekstrak kulit buah manggis yang kedua yaitu untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Setelah di lakukan penelitian terhadap aktivitas xanthone yang ada pada kulit buah manggis terhadap pertumbuhan staphylococcus aureus menunjukkan bahwa buah manggis dapat menghambat pertumbuhan bakteri karena adanya kandungan satu isolate aktif dan alfa mangostin yang merupakan salah satu derivat xanthone.

Manfaat Ekstrak Kulit Buah Manggis
3. Manfaat ekstrak kulit buah manggis yang ketiga yaitu sebagai obat anti jamur. Kulit buah manggis ternyata mengandung pula zat anti jamur. Zat anti jamur ini berasal dari hasil isolasi beberapa xanthone dan beberapa derivat mangostin yang dapat menghambat proses pertumbuhan jamur.

4. Manfaat ekstrak kulit buah manggis yang ke empat yakni sebagai perisai terhadap radikal bebas. Ternyata mangostin yang terkandung dalam kulit buah manggis ini mampu menghambat pelepasan histamin dan sintesis prostaglandin E2 sehingga meredam radikal bebas yang kuat.

5. Manfaat ekstrak kulit buah manggis yang ke lima yaitu sebagai obat alami. Selain digunakan sebagai pewarna alami dan bahan baku obat-obatan, kulit buah manggis juga sering di gunakan sebagai obat alami penyakit disentri. Caranya dengan memotong-motong 2 buah kulit buah manggis kemudian di rebus ke dalam 4 gelas air hingga menjadi 2 gelas. Setelah dingin, saring lalu minumlah dengan menambahkan madu agar tidak terlalu pahit. Selain itu ada juga manfaat ekstrak kulit buah manggis sebagai obat diare. Caranya sama seperti sebelumnya yakni dengan merebus potongan kulit buah manggis, hanya saja kurangi volume airnya menjadi 3 gelas saja. Lihat juga postingan manfaat buah durian untuk ibu hamil.

6. Manfaat ekstrak kulit buah manggis lainnya yaitu sebagai obat wasir, menyembuhkan radang amandel, sebagai obat sariawan, mempercepat penyembuhan luka dan gigitan serangga, memutihkan gigi, mengobati pendarahan bagi wanita, serta sebagai minuman tonik.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat ekstrak kulit buah manggis yang perlu anda ketahui. Jadi, walaupun pahit bukan menjadi alasan anda untuk tidak mengkonsumsi ekstrak kulit buah ini, apalagi saat ini sudah sering di jual dipasaran dalam bentuk kemasan.

Baca juga beberapa artikel terkait:
- Manfaat buah dan kulit manggis
- 7 Khasiat bauh manggis yang ajaib
- Cara membuat jus kulit manggis

0 Response to "Manfaat Ekstrak Kulit Buah Manggis"

Poskan Komentar