Cara Membuat Manisan Pepaya Kering

Advertisement
Resep cara membuat manisan pepaya kering telah dibahas pada post sebelumnya yaitu cara membuat manisan pepaya. Namun kali ini saya akan memberikan resep cara membuat manisa pepaya kering yang lain. Untuk membuat manisan pepaya, sediakan bahan-bahan sebagai berikut.

Bahan
- Buah papaya setengah matang (mengkal) 10 kg
- Gula pasir 5 kg
- Kapur sirih 300 gram
- Natrium benzoat
- Garam dapur 15 gram
- Air bersih

Cara Membuat
Cara Membuat Manisan Pepaya Kering
1) Siapkan pepaya mengkal, kira-kira 80% hampir masak. Kupas pepaya, lalu dibuang bijinya. Daging buah dipotong sesuai selera.
2) Buatlah larutan kapur sirih, caranya yaitu masukkan 300 g kapur sirih ke dalam 150 liter air, aduk hingga merata. Potongan daging buah dimasukkan dalam larutan tersebut dan direndam selama 15 – 30 menit hingga tekstur buah menjadi keras.
3) Daging buah pepaya yang telah dipotong, kemudin dicuci dengan menggunakan air bersih, maksudnya yaitu untuk menghilangkan rasa kapur dan getah yang masih melekat.
4) Setelah bersih kemudian direbus dalam air mendidih selama 5 menit, lalu tiriskan.
5) Siapkan larutan gula dengan perbandingan 1 kg gula : 1 liter air dan tambahkan benzoat lalu didihkan. Masukkan potongan daging ke dalam larutan yang sudah mendidih. Didihkan sekali lagi sekitar 1 – 1,5 jam, usahakan daging buah pepaya jangan sampai terlalu lunak lalu tiriskan.
6) Lakukan pengeringan. Pengeringan dengan sinar matahari membutuhkan waktu sekitar 3 hari. Jika menggunakan alat pengering, daging buah dimasukkan ke dalam alat dengan suhu awal 60ºC, setelah setengah kering diturunkan suhunya menjadi 50ºC sampai akhirnya kering.

Itulah cara membuat manisan pepaya kering, semoga resep tersebut bermanfaat dan selamat mencoba resep manisn pepaya kering.
Advertisement
Cara Membuat Manisan Pepaya Kering | Najla Alliya | 5