MANFAAT BUAH RAMBAI

Advertisement
Tak banyak orang yang tahu mengenai jenis buah yang satu ini. Banyak orang menganggapnya sebagai buah duku. Namun setelah dicoba, ternyata daging buah rambai tak semanis buah duku. Lalu sebagian orang lagi berasumsi bahwa ini adalah buah menteng karena rasanya manis-manis asam. Namun, ketika dilihat dari pohonnya, ternyata berbeda sama sekali dengan pohon menteng. Lalu, buah apakah ini?

Jika Anda pernah berkunjung ke Sumatera atau Kalimantan, pasti telinga Anda akan terbiasa mendengar kata rambai. Ya, nama buah itu adalah buah rambai atau baccaurea motleyana, nama ilmiahnya. Buah jenis ini tumbuh subur di wilayah Asia Tenggara seperti di Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Tak hanya dapat dimakan langsung, buah yang terasa manis dan asam ini dapat dimanfaatkan menjadi berbagai olahan makanan atau minuman, lho. Mau tahu apa saja manfaat buah rambai? Berikut ini beberapa contoh olahan dari buah rambai.

gambar buah rambai dan manfaatnya
Buah Rambai (wikipedia.org)
Sebagai bumbu pengganti asam
Di daerah Pulau Bangka Belitung, buah ini biasa digunakan untuk campuran masak ikan. Rasa sensasi manis dicampur dengan sensasi segarnya rasa asam pada buah yang memiliki diameter rata-rata dua hingga lima cm ini dimanfaatkan sebagai pengganti buah asam.

Dibuat menjadi manisan
Buah khas di daerah tropis ini juga dapat dimanfaatkan menjadi manisan buah. Rambai memang cocok dijadikan manisan karena teksturnya yang empuk dan rasanya yang asam manis. Caranya, dengan merebus daging buah hingga matang lalu direndam dengan air gula. Manisan ini dapat awet hingga berminggu-minggu jika disimpan di lemari es.

Dibuat menjadi selai
Rasanya yang asam manis menjadikan buah ini cocok dijadikan selai layaknya selai stroberi atau selai bluberi. Sebagai penggemar selai, tak ada salahnya memanfaatkan buah ini sebagai selai. Caranya hanya dengan menghaluskan daging buah ini dengan blender, jika ingin lebih praktis, lalu dipanaskan hingga menjadi selai yang nikmat. Anda juga dapat mencampurkan gula atau madu secukupnya serta menambahkan satu hingga dua sendok makan jus lemon agar rasa selai lebih enak.

Jika anda masih penasaran dengan gambar buah rambai yang lebih jelas, silahkan lihat ya gambar buah rambai berikut yang sumbernya diambil dari wikipedia.org.

khasiat buah rambai

Manfaat dan khasiat buah rambai


Itulah beberapa manfaat buah rambai dan beberapa gambar buah rambai yang dapat dibuat menjadi beberapa olahan makanan. Adapun khasiat buah rambai untuk kesehatan, jika saya sempat share, nanti saya share ya! :) Selamat mencoba.
Advertisement
MANFAAT BUAH RAMBAI | Najla Alliya | 5