Obat Alami Radang Paru Paru

Advertisement
Radang paru-paru merupakan peradangan pada organ paru akibat infeksi bakteri, jamur atau virus yang menyebabkan oksigen yang berasal dari atmosfer meradang dan terisi cairan pada bagian alveoli yang harusnya menyerap oksigen tersebut. Gejala penyakit ini sendiri ditandai oleh batuk, sakit pada dada, demam dan kesulitan untuk bernapas. Bisa terjadi pada seluruh kalangan umur dan merupakan penyebab kematian yang paling sering pada orang tua dang yang sudah menderita penyakit radang paru-paru menahun.

Nah, bagaimana bakteri, jamur atau virus tersebut bisa masuk ke dalam paru-paru:
-Penghirupan / inhalasi mikroorganisme dari udara yang telah tercemar.
-Aliran darah karena infeksi dari bagian tubuh lainnya.
-Migrasi oleh organisme secara langsung dari infeksi yang ada di dekat paru.

Mereka yang berisiko tinggi untuk mengidap penyakit radang paru-paru secara alami adalah kelompok berikut:
1. Merupakan peminum alkohol
2. Penderita penyakit diabetes, baca juga obat alami trigliserida
3. Merokok
4. Penderita penyakit gagal jantung
5. Penderita penyakit paru menahun
6. Mengalami gangguan sistem kekebalan karena konsumsi obat tertentu
7. Gangguan sistem kekebalan karena penyakit AIDS.

Untuk pengobatan penyakit radang paru-paru dengan obat alami radang paru-paru bisa dilakukan terapi dan berbagai ramuan tradisional yang alami. Terapinya sendiri mencakup latihan pernapasan dalam dan mengeluarkan dahak dengan cara yang benar. Hal ini pun sebenarnya bisa dilakukan untuk mencegah penyakit radang paru-paru.

Salah satu obat alami radang paru-paru yang paling dikenal adalah ramuan berikut ini, dengan bahan-bahan-bahan yang mudah sekali didapat, yaitu madu murni sebanyak 2 sdm, dan belimbing manis 5 buah.

Radang Paru Paru
Cara membuat:
Cuci buah belimbing tersebut terlebih dahulu hingga bersih. Parut dan ambil sari airnya. Setelah itu, campur air buah belimbing tersebut dengan madu dan aduk hingga rata. Setelah jadi, minum ramuan obat alami radang paru-paru tersebut 2 kali sehari dengan takaran 2 sendok makan.

Madu sendiri, selain bermanfaat sebagai obat alami jerawat, juga berfungsi untuk meredakan batu akibat radang paru-paru. Sementara itu, buah belimbing memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat sebagai anti-oksidan yang tentunya meringankan penyakit radang paru-paru. Buah belimbing juga memiliki manfaat untuk mencegah peradangan pada tubuh.

Selain ramuan belimbing dan madu, terdapat juga obat alami radang paru-paru berupa tanaman cakar ayam yang punya nama latin Selaginella doederleinii Hieron. Bahannya hanya menggunakan tanaman cakar ayam 30 gr dan air saja.

Cara membuatnya:
Seluruh bagian cakar ayam direbus bersama air sampai mendidih dan matang. Setelah itu, tiriskan air rebusan dengan dosis 15-30 gr untuk diminum ketika hangat-hangat kuku.

Tanaman cakar ayam punya sifat kimiawi yang bermanfaat untuk anti-racun, anti kanker dan menangkal bakteri masuk ke dalam tubuh yang menyebabkan radang paru-paru.

Obat alami radang paru-paru dan terapi tersebut bisa dipadukan. Namun, memang jika sudah sangat parah hendaknya untuk tetap berkonsultasi dengan dokter. Langkah yang paling mudah sebenarnya adalah dengan mendeteksi sedini mungkin kemungkinan penyakit radang paru-paru ini.
Advertisement
Obat Alami Radang Paru Paru | Najla Alliya | 5