Obat Alami Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh infeksi bakteri pada saluran kemih. Penyakit ini sering terjadi dalam dunia kedokteran. Urin yang mengandung bermacam cairan, garam, dan produk buangan tidak mengandung bakteri. Tetapi ketika ada bakteri yang bersarang di kandung kemih atau ginjal dan berkembang biak dalam urin, maka menjadi penyakit Infeksi saluran kemih . Gejala yang ditimbulkan oleh Infeksi saluran kemih adalah perasaan tidak enak pada saat buang air kecil.

Wanita memiliki risiko tinggi terjangkit infeksi saluran kemih karena saluran ureter pada wanita lebih pendek dibandingkan pada pria sehingga mudah terserang bakteri, kuman dan jamur yang masuk ke dalam saluran ureter dan membuat infeksi di saluran kemih.

Faktor Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Obat Alami Infeksi Saluran Kemih
Faktor-faktor yang menyebabkan infeksi saluran kemih diantaranya yaitu :
- kurang minum
- menahan untuk berkemih atau buang air kecil
- kateterisasi
- berhubungan dengan gonta ganti pasangan tanpa kita ketahui bahwa orang tersebut membawa bakteri.
- terlalu banyak mengkonsumsi vitamin c dosis tinggi
- sering mengkonsumsi kopi manis atau susu

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Tanda dan Gejala Infeksi saluran kemih adalah :
- Merasa Sakit dan nyeri pada perut bagian bawah, di atas tulang kemaluan.
- Merasa sakit di akhir kencing.
- Anyang-anyangan atau rasa ingin kencing terus menerus tetapi tidak ada air kemih yang keluar.
- Pada penderita Infeksi saluran kemih denganKondisi parah akan disertai demam.
- Pada beberapa kasus, mungkin terlihat sedikit darah pada air seninya yang baunya sangat menyengat.

Cara mengobati Infeksi saluran kemih

Menggunakan ekstrak daun sirsak
Daun Sirsak dipercaya bisa mengobati bermacam penyakit karena memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh, seperti acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Kandungan ini membuat daun sirsak mampu mengobati berbagai macam jenis penyakit.

Daun sirsak memiliki khasiat yang sangat luar biasa yakni mampu menghambat pertumbuhan bakteri, menghambat perkembangan virus, menghambat perkembangan parasit, menghambat pertumbuhan tumor, merileksasi otot, anti kejang, meredakan nyeri, menekan peradangan, menghambat mutasi gen, menurunkan kadar gula darah, menurunkan demam, menurunkan tekanan darah tinggi, menguatkan saraf, menyehatkan jantung, meningkatkan produksi asi pada itu hamil, melebarkan pembuluh darah, membunuh cacing parasait, mengurangi stres, menguatkan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Yang paling luar biasa adalah daun sirsak memiliki zat antikanker ( acetogenins) yang kekuatannya 10.000 kali lipat lebih kuat dibandingkan dengan kemoterapi.

Menggunakan Khasiat kulit manggis
Kulit manggis mengandung Xanthone yang berguna sebagai antioksidan, antiproliferativ, antiinflamasi dan antimikrobial. Sifat antioksidan manggis melebihi vitamin E dan vitamin C. Xanthone yg terdapat di manggis merupakan subtansi kimia alami yang tergolong senyawa polyhenolic.

Peneliti dari Universitas Taichung di Taiwan telah mengisolasi xanthone dan deviratnya dari kulit buah manggis ( pericarp ) di antaranya diketahui adalah 3-isomangoestein, alpha mangostin, Gamma-mangostin, Garcinone A, Garcinone B, C, D dan garcinone E, maclurin, mangostenol.

Sebuah penelitian di Singapura menunjukan bahwa sifat antioksidan pada buah manggis jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan antioksidan pada rambutan dan durian. Xanthone tidak ditemui pada buah-buahan lainnya kecuali pada buah manggis, oleh sebab itu buah manggis diberikan julukan sebagi ”Queen of Fruit” atau Si Ratu Buah. Dari berbagai penelitian, kandungan xanthone dan derivatnya efektif melawan kanker payudara secara in-vitro, dan obat penyakit jantung. Kasiat garcinone E (devirat xanthone) ini jauh lebih efektif untuk menghambat kanker bila dibandingkan dengan obat kanker seperti flaraucil, cisplatin, vincristin, metohotrexete, dan mitoxiantrone.

( sumber BPTP oleh Kasma Iswari dan Tri Sudaryono )