MANFAAT BUAH DAN KULIT MANGGIS

Advertisement
Selain rasanya yang manis dan enak ternyata ada banyak manfaat buah dan kulit manggis bagi kesehatan loh. Kulit buah manggis mengandung sejumlah zat warna kuning yang berasal dari dua metabolit yakni mangostin dan B-mangostin. Mangostin ini merupakan hasil isolasi dari kulit buah manggis yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan anti oksidan. Berdasarkan hasil studi biokimia, di peroleh bahwa mangostin dapat menghambat reseptor histamin H tempat reseptor H1 pada sel otot lunak secara utuh.

Ternyata banyak manfaat buah dan kulit manggis yang masih asing di telinga masyarakat. Sebenarnya banyak orang yang sedikit merasa aneh untuk mengkonsumsi kulit buah manggis karena rasanya yang tidak enak, padahal ada banyak sekali manfaat yang terkandung di dalam kulit buah manggis ini.

Untuk megetahui apa saja manfaat buah dan kulit manggis bagi kesehatan, yuk kita simak beberapa manfaat buah dan kulit manggis di bawah ini:

1. Zat anti oksidan yang terdapat pada kulit buah manggis ini dapat melawan radikal bebas yaitu xanthone. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, menunjukkan bahwa senyawa ini berperan sebagai anti diabetes, anti kanker, anti peradangan, anti bakteri, anti plasmodial, anti fungi, dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita.

2. Selain beberapa peran penting di atas manfaat buah dan kulit manggis yang berasal dari zat anti oksidan alaminya juga dapat menghambat proses penuaan. Jika mengkonsumsi zat ini, jaringan sel tubuh akan selalu di perbaiki sehingga menjadi awet muda.

3. Khasiat xanthone sebenarnya bukan hanya sebagai zat anti oksidan. Xanthone juga berperan sebagai zat anti kanker. Sifat anti proliferasi yang terdapat pada ekstrak kulit manggis mampu menahan dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

MANFAAT BUAH DAN KULIT MANGGIS
4. Menurut hasil penelitian para pakar nutrisi yang ada di Amerika, buah manggis ini juga dapat membantu menyehatkan kulit, mata, gusi, gigi, hingga kesehatan rambut.

5. Manfaat buah dan kulit manggis tak hanya itu, buah ini juga membantu penyerapan protein dan karbohidrat sehingga membantu menjaga stamina tubuh. Read too manfaat buah apel untuk ibu hamil.

6. Salah satu penyakit yang berbahaya yang banyak di derita masyarakat adalah diabetes. Bagi para penderita penyakit diabetes ini disarankan untuk mengkonsumsi buah manggis secara rutin karena mengandung zat-zat yang mampu menormalkan tekanan darah, mengurangi kelebihan gula dalam darah, dan mampu memulihkan energi setelah bekerja seharian penuh.

7. Ketergantungan obat obatan pereda rasa sakit tidaklah baik. Setelah mengetahui manfaat buah dan kulit manggis, seorang dokter di Amerika serikat memutuskan untuk berhenti mengkonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit yang sering di konsumsinya dan menggantinya dengan memakan buah manggis. Terbukti, dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin dapat mengurangi rasa sakit yang di derita sama halnya dengan meminum obat-obat pereda rasa sakit, hanya saja ini tidak akan memberikan efek samping.

8. Seperti yang di bahas sebelumnya bahwa selain buahnya, kulit buah manggis juga memiliki banyak khasiat, jadi setelah membelinya tidak usah buru-buru untuk mengupas dan membuang kulitnya. Karena pada kulit buah manggis mengandung zat zat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Untuk mengkonsumsinya, kita bisa mengolahnya menjadi semacam seduhan kulit manggis yang mungkin rasanya akan sedikit pahit. Caranya sangat mudah, ambil 2 buah manggis kemudian kupas kulitnya. Potong kulitnya kemudian rebus ke dalam 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Minum air rebusan tadi secara rutin 2-3 kali sehari. Gimana? Mudah kan? Atau silahkan dapat dilihat postingan tentang cara membuat jus kulit manggis dengan mudah.

Tapi, ada satu hal yang haru diketahui. Jangan sampai mengkonsumsi kulit buah manggis dalam jumlah yang berlebihan. Karena pada kulit buah manggis terkandung kadar resin, tanin, serat kasar, serta komponen lainnya yang sulit bahkan tidak bisa di cerna tubuh pada kadar tinggi. Hal ini akan mengakibatkan gangguan pada ginjal dan usus serta organ tubuh lainnya. Bca juga artikel lainnya yang pasti menarik, Manfaat buah anggur untuk ibu hamil.

Setelah membaca beberapa manfaat buah dan kulit manggis di atas, ada baiknya bagi anda untuk mulai mengkonsumsi buah yang satu ini. Apalagi sekarang manfaat buah dan kulit manggis ini dapat diperoleh secara praktis dengan membeli jus ekstrak kulit buah manggis yang telah diproduksi dalam kemasan botol, sehingga semua orang bisa merasakan manfaat buah dan kulit manggis.
Advertisement
MANFAAT BUAH DAN KULIT MANGGIS | Najla Alliya | 5