Bayam Merah Atasi Kurang Darah (Anemia)

Bayam merah memang terdengar kurang popular jika dibanding dengan bayam hijau. Namun sebenarnya bayam merah tak kalah kaya gizi. Bayam merah mengandung vitamin A, B1, B2, C, serta niasin, juga beberapa jenis mineral seperti zat besi, kalsium, mangan, serta fosfor.

Selain itu, bayam merah juga memiliki kandungan banyak serat serta didalam daunnya ada karotein, klorofil, serta saponin. Pada batangnya ditemukan alkaloid, flavonoid, serta polifenol.

Manfaat bayam merah
Secara umum manfaat bayam yaitu bisa untuk menambah kerja ginjal serta melancarkan pencernaan. Akar bayam merah bermanfaat sebagai obat disentri.

Bayam Merah Atasi Kurang Darah
Bayam merupakan sayuran yang memiliki serat sehingga dapat bermanfaat untuk melancarkan sistem buang air besar. Perlu diketahui bahwa makanan yang memiliki kandungan serat sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh pasien kanker usus besar.

Untuk mengatasi darah rendah, bayam merah juga memiliki khasiat yang sangat ampuh. Caranya, sediakan bahan-bahan sebagai berikut:

  • 3 genggam bayam merah 
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 butir kuning telur ayam kampung
  • 1 sdm madu

Cara membuat ramuan

Cuci bayam merah, tumbuk sampai halus. Kemudian tambahkan air jeruk nipis, peras dan saring. Selanjutnya, tambahkan madu dan kuning telur ayam kampung, aduk hingga merata. Ramuan siap diminum.