DARAH TINGGI ADALAH PENYAKIT AKIBAT POLA HIDUP TIDAK SEHAT

Darah tinggi adalah penyakit dengan gejala yang tidak terlalu membahayakan, namun jika dibiarkan begitu saja tanpa adanya upaya untuk menurunkan atau tindakan pencegahan lainnya, maka darah tinggi bisa mengakibatkan datangnya penyakit lain yang lebih parah, seperti stroke dan diabetes.

Karena darah tinggi adalah sumber penyakit yang diakibatkan karena gaya hidup yang kurang sehat, maka tindakan pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak terkena penyakit ini adalah dengan mengupayakan pola hidup sehat, yaitu :

- Olahraga teratur
Kesibukan kerja membuat olahraga terlupakan, saat ada waktu luang kebanyakan orang akan memanfaatkannya untuk melepaskan penat dengan berhibur, refreshing atau sekedar menonton televisi daripada berolahraga. Sebaiknya rutinkan berolahraga walau hanya sekedar lari di pagi hari.

- Makan teratur dengan menu sehat bergizi
Kesibukan kerja kadang membuat orang lupa waktu dan tidak terlalu memperhatikan waktu makannya, padahal kebutuhan tubuh terhadap nutrisi dan gizi selalu dibutuhkan. Hal inilah yang membuat fungsi organ tubuh tidak efektif bekerja, karena tidak ada asupan yang normal.

DARAH TINGGI ADALAH PENYAKIT AKIBAT POLA HIDUP TIDAK SEHAT
Selain itu, gaya hidup modern yang saat ini melanda, seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi makanan cepat saji dan mengandung banyak kolesterol merupakan hal hal yang akan mengganggu kesehatan. Ditambah lagi banyak pemberitaan bahwa jenis jajanan yang ditawarkan banyak mengandung zat zat yang membahayakan seperti borak, formalin dan lain sebagainya.

- Istirahat teratur
Kurangnya istirahat membuat kualitas hidup seseorang menjadi kurang, prestasi menurun, semangat berkurang, dan tingkat stress meningkat. Oleh karena itu, usahakan istirahat secara teratur, jangan karena tuntutan kerja Anda menjadi kurang istirahat. Lebih baik menjaga kesehatan daripada pekerjaan, karena kesehatan adalah harta yang paling mahal.

Hal di atas hanyalah tindakan pencegahan. Jika Anda sudah terlanjur menderita darah tinggi atau hipertensi, maka pengobatan yang bisa dilakukan hanyalah berupaya agar tekanan darah tinggi Anda tidak naik lagi, bahkan kalau bisa turun. Untuk tensi darah penderita darah tinggi adalah lebih dari 140/90 mg. Jika tekanan darah yang Anda miliki melebihi angka tersebut, maka segeralah periksakan ke dokter karena Anda sudah termasuk orang yang menderita penyakit tekanan darah tinggi.