Jeruk Nipis Untuk Melebatkan Rambut

Jeruk nipis untuk rambut, terutama untuk melebatkan rambut sudah sering dimanfaatkan oleh orang tua kita semenjak dulu. So, tak hanya dijadikan sebagai sirup, air perasan jeruk nipis yang memiliki rasa asam ini juga  bisa jadi campuran masakan atau minuman lain, misalnya jamu.

Memang, manfaat jeruk nipis tidak cuma dapat kita jadikan sebagai minuman yang menyegarkan, tetapi juga memiliki kandungan manfaat obat.

Jeruk nipis ( citrus aurantifolia swingle ) adalah tumbuhan perdu dengan banyak cabang. Tanaman jeruk nipis banyak ditanam di pekarangan serta kebun.

Jeruk Nipis Untuk Melebatkan RambutTinggi pohon jeruk nipis dapat mencapai 6 meter. Daunnya berupa bulat telur serta setiap daun bertangkai daun. Bunganya berupa bintang berwarna putih. Batang pohon jeruk nipis berkayu keras, serta umumnya berbuah sesudah 2, 5 th. Buah jeruk nipis berbentuk bulat dengan permukaan yang licin, berkulit tidak tebal, serta berwarna hijau kekuningan bila telah tua. Tanaman jeruk nipis diyakini berasal dari tempat india sebelah utara.

Untuk pemanfataan buah jeruk nipis sebagai pelebat rambut, ikuti caranya berikut ini.

Siapkan bahan-bahan satu butir telur ayam kampung dan tiga butir jeruk nipis. Selanjutnya, ambil kuning telurnya saja dari satu butir telur ayam kampung yang telah disiapkan. Lalu kocok kuning telur ayam kampung tersebut dengan perasan 3 butir jeruk nipis hingga merata.

Cara pakainya, gosokkan pada kulit kepala ramuan di atas, pijit-pijit hingga merata, biarkan sekitar 2 jam baru dibilas dengan sampo merang supaya rambut jadi mengkilap serta lebat. Sampo merang bisa dibikin dari 1 ikat merang, dibakar hingga jadi arang, bukan abu, rendam didalam air serta biarkan semalaman. saring, serta sampo merang siap untuk keramas.