Menu Makanan Untuk Jantung Sehat

Menu makanan untuk jantung sehat mesti ditunjang oleh pilihan makanan yang tepat. Manusia terlahir dengan jantung yang normal, mungkin hanya dalam persentase kecil yang mempunyai jantung abnormal.

Rutinitas berolahraga dengan teratur sejak kecil akan dapat membuat jantung jadi lebih sehat. Jantung akan  mempunyai otot-otot jantung yang lebih kuat. Dalam memompa dapat mengalirkan darah lebih banyak dibanding yang tidak terbiasa berlatih dan berolahraga.

Otot jantung yang kuat juga bisa diperoleh dengan mengkonsumsi  mineral yang vital untuk jantung. Beberapa mineral yang baik untuk jantung diantaranya  kalium (potassium), klasium (calsium), zinc, copper, chromium, magnesium, manganese, selenium, vanadium serta vitamin A. Mineral-mineral tersebut diperoleh dalam jumlah yang cukup, artinya tidak berlebih dan tidak kekurangan.

Menu Makanan Untuk Jantung SehatBerikut ini beberapa tips dan menu makanan untuk jantung supaya tetap sehat. Silahkan diperhatikan jika Anda ingin memiliki jantung yang sehat dan prima.
  1. Minyak kelapa. Sebagai alternatifnya Anda bisa mendapatkan minyak jagung, minyak biji matahari, minyak kacang, minyak biji kapas.
  2. Jauhi lemak hewan, layaknya lemak sapi, kambing, dan lain sebagainya.
  3. Batasi makanan sumber kolesterol, yaitu membatasi makan daging sampai tiga hingga 4 kali didalam 1 minggu, serta setiap hari tidak lebih 100 gr.
  4. Batasi makan kuning telur empat hingga lima butir 1 minggu.
  5. Hindari makan jeroan seperti otak, hati, usus, ginjal serta babat.
  6. Jauhi kue-kue yang dibikin dari susu, kuning telur, serta mentega.
  7. Makan banyak ikan serta ayam sebagai pengganti daging.
  8. Makan banyak sayuran serta buah-buahan yang memiliki kandungan serat.
  9. Langkah pengolahan makanan yang baik untuk pasien jantung yaitu dikukus (pepes serta tim), dipanggang asal janganlah terlampau gosong, di bakar, di tumis serta di rebus.
  10. Konsumsi ikan. Sebuah penelitian yang dilakukan sekitar tahun 1980 mendapatkan bahwa ikan memiliki kandungan lemak tidak jemu ganda omega 3, yang kemudian diketahui jenis lemak ini bermanfaat sebagai pelindung jantung.
Demikianlah tips dan menu makanan untuk jantung sehat. Yang terpenting tetap rutin lakukan olahraga yang baik untuk jantung, seperti jalan kaki, jalan cepat, senam jantung sehat, dan sejenisnya. Semoga bermanfaat.