MANFAAT PISANG SEBAGAI OBAT ALAMI UNTUK KESEHATAN

Advertisement
Buah pisang adalah buah yang paling familiar seantero negeri kita ini, dari daerah perkotaan sampai pada daerah pedalamaan sangat mudah sekali untuk menemukan buah pisang ini. Rasanya yang enak dan mudah dicerna menjadi salah satu alasan mengapa pisang ini sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia. Yang mengkonsumsinya pun dari berbagai usia, dari bayi yang berumur 1 bulan, sebagai makanan pendamping ASI sampai kakek nenek yang telah lanjut usia pun masih bisa mengkonsumsinya, karena tekstur buahnya yang sangat mudah dicerna.

Namun tahukah anda, bahwa manfaat buah pisang, bisa sebagai obat alami, untuk mengobati dan menjaga kesehatan tubuh kita. Hal ini karena kandungan gizi buah pisang yang mumpuni sehingga pisang memliki manfaat yang luar biasa.Nah ini dia beberapa manfaat pisang sebagai obat alami untuk kesehatan anda. CEKIDOT ^^

- Bagi anda para pelajar atau pekerja yang membutuhkan banyak konsentrasi juga akan banyak merasakan manfaat dari buah pisang ini. Caranya cukup dengan makan pisang pada saat sarapan pagi dan saat makan siang, karena kandungan kalsium yang tinggi dalam buah pisang mempunyai fungsi untuk meningkatkan kewaspadaan dan juga konsentrasi. Disini terlihat bahwa manfaat pisang sebagai obat alami sangat membantu untuk meningkatkan konsentrasi tanpa perlu suplemen yang banyak mengandung bahan kimiawi.

- Manfaat pisang selanjutnya adalah sebagai obat mabuk. Jika anda sedang merasa mabuk perjalanan dan mual, maka untuk mengatasi rasa mual pada perut karena mabuk, milkshake pisang dicampur dengan madu. Adapun Manfaat pisang disini adalah untuk menenangkan perut yang mual, dan sedangkan campuran madu untuk meningkatkan kadar gula darah pada tubuh yang mulai turun kadar gula darahnya.

- Manfaat pisang sebagai obat alami sakit jantung. Kandungan dalam buah pisang mengandung efek antisida yang akan meringankan rasa sakit pada hati. Caranya sangat mudah hanya dengan makan buah pisang secara teratur sehingga akan mengurangi resiko stroke sampai 40 persen.

Manfaat pisang untuk kesehatan
- Manfaat pisang sebagai obat alami untuk mengatasi mual saat hamil atau sering disebut dengan morning sicknes. Pada wanita yang sedang hamil muda (biasanya usia kandungan di bawah 3 bulan) sering mengalami mual dan susah makan. Namun dengan anda ngemil buah pisang sesering mungkin akan membantu mengatasi rasa mual dan juga membantu asupan gizi sebagai makanan sehat bagi ibu hamil. Baca juga, manfaat pisang untuk bayi.

- Manfaat pisang lainnya yaitu untuk membantu menenangkan saraf. Vitamin B yang tinggi, yang terkandung pada buah pisang bisa membantu sistem saraf lebih tenang, enjoy dan rileks. Bauh pisang juga mengandung potasium yang bermanfaat untuk mengurangi stress pada saraf.

- Manfaat pisang juga bisa untuk membantu pecandu yang sedang berusaha untuk menghentikan kebiasaan merokok. Karena pisang mengandung Vitamin, magnesium dan kalium yang berfungsi membantu tubuh dalam proses penyembuhan dari efek nikotin.

- Selanjutnya Manfaat buah pisang sebagai makanan pendingin untuk memperbaiki kondisi emosional dan fisik pada ibu hamil, yang kadar emosionalnya tidak stabil. Buah pisang akan menurunkan suhu dalam kandungan si Ibu, sekaligus membantu bayi lahir dengan suhu normal.

- Manfaat pisang sebagai obat alami juga akan terasa pada anda yang sedang dalam masa menstruasi atau datang bulan. Buah pisang mengandung vitamin dan glukosa yang akan membantu menenangkan suasana hati saat menjelang menstruasi, karena saat wanita sedang mensturasi, aktifitas hormonialnya tidak normal. Baca juga, manfaat pisang untuk wanita.

- Manfaat pisang akan berguna pada penderita penyakit lambung, seperti maag. Selain bisa mencegah sakit maag bagi yang belum mengidapnya, juga membantu meringankan rasa sakit pada usus bagi penderita sakit maag. Buah pisang ini juga akan membantu me-netralisir iritasi pada usus.

- Manfaat pisang ternyata juga bisa sebagai obat kutil. Caranya sangatlah mudah, hanya dengan memplester kulit pisang dengan posisi bagian dalam di atas kutil, lakukan dengan rutin, sampai sembuh.

- Manfaat pisang selanjutnya, sangat membatu para penderita anemia. Karena sangat ampuh untuk membantu mengatasi anemia atau kekurangan darah. Pada buah pisang terdapat zat besi yang akan merangsang tubuh dalam memproduksi hemoglobin dalam darah.

- Selain untuk mengatasi kekurangan darah, manfaat pisang juga bisa untuk penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Pada buah pisang terdapat kandungan zat kalium yang tinggi tetapi kandungan garamnya jauh lebih rendah. Hal ini yang menyebabkan pisang bagus untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan juga mencegah terjadinya hipertensi. Salah satu badan kesehatan di Amerika bahkan mengijinkan produsen obat-obatan dari buah pisang ini mengklaim kalau pisang bisa menurunkan resiko stroke dan tekanan darah.

- Untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar anda dapat menggunakan manfaat dari buah pisang. Kadar serat yang tinggi dalam buah pisang akan membantu menormalkan sistem kerja percernaan dalam tubuh anda. Karena Ini akan bermanfaat untuk mengatasi sembelit tanpa harus memakai obat pelancar sembelit.

- Bagi penderita depresi, sebaiknya sering-sering untuk mengkonsumsi buah pisang, karena manfaat pisang juga bisa membantu mengatasi depresi. Hal ini karena buah pisang mengandung tryptophan (sejenis protein) yang akan diubah menjadi serotonin dalam tubuh. Serotonin ini akan memberikan efek rileks, santai dan memperbaiki mood bagi penderita depresi.

Itulah beberapa manfaat pisang sebagai obat alami. Jadi, mana yang Anda pilih, pengobatan secara alami atau secara kimiawi?? Selamat mencoba!
Advertisement
MANFAAT PISANG SEBAGAI OBAT ALAMI UNTUK KESEHATAN | Najla Alliya | 5