4 Jenis Durian Langka yang Melegenda

Warga Asia Tenggara menobatkan buah ini sebgai rajanya buah-buahan. dengan nama latin Durio zibethinusatau orang menyebutnya dengan nama durian atau sebagian orang menyebutnya duren. Mempunyai bentuk yang unik, rasanya yang khas dan baunya yang kuat membuat banyak orang gandrung akan buah berduri ini.

Akan tetapi tidak semua orang menyukai dengan buah ini. Alasannya adalah bau yang semerbak yang keluar dari buah duren menjadi penyebab utamanya. Jadi jangankan memakannya, mencium baunya saja sudah membuat muntah.

Nah ngomongin yang namanya buah duren, ternyata ada beberapa jenis durian yang sudah langka aneh bahkan unik, malahan ada juga buah durian yang harga perbutirnya selangit yakni bisa mencapai mencapai Rp 3 juta.

Jenis durian langka

Karena kelangkaan dan berkurangnya hutan, maka Durian-durian unik ini tidak akan mudah ditemukan pasaran. Ingin tahu durian-durian aneh tersebut? Berikut durian-durian aneh yang dikumpulkan dari berbagai sumber:

1. Durian gundul Gunung Rinjani
Disebut durian gundul hal ini disebabkan buah ini tidak berduri seperti durian lain pada umumnya, yakni gundul atau tak berduri. Buah ini hanya terdapat di kawasan hutan lindung Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bentuknya sekilas seperti tempurung kelapa, dengan berat berkisar 800-900 gr.

Kuatnya aroma buah yang keluar ketika matang dan daging buah mempunyai rasa yang enak dan manis dengan kandungan gula 14 -15 derajat brix. Mutasi alam yang menyebabkan adanya durian gndul ini.


Jenis Durian Langka yang Melegenda
2. Durian merah Kalimantan Timur
Lahong atau durian merah merupakan tanaman langka dan unik yang berada di pedalaman Kalimantan. Lahong atau Durian Merah mempunyai duri yang panjang dan lebih runcing dari durian pada umumnya.Daging buahnya tipis, dengan memiliki wangi khas, bijinya berkulit dan berwarna coklat kehitaman.

Dengan mempunyai rasa yang khas dan warnanya yang tidak biasa, Durian merah ini sangat terkenal di Kalimantan Timur. banyak warga yang memburu. Namun kini keberadaan durian merah ini semakin sedikit. Karena banyaknya pohon hutan Kalimantan Timur yang ditebang membuat pohon Lahong semakin tergusur keberadaannya dan menjadi berkurang jumlahnya.

3. Durian pelangi asal Banyuwangi
Jenis durian lainnya yang mempunyai rupa unik dan aneh yang hanya terdapat di Banyuwangi, propinsi Jawa Timur. Durian ini disebut durian pelangi karena warnanya yang seperti pelangi. Kombinasi warna oranye, kuning dan didagingnya terdapat guratan putih . Sehingga berwarna-warni dan akhirnya disebut durian pelangi. Lantaran jenis baru dan unik, harga paling murah durian ini mencapai Rp 250 ribu.

Durian ini merupakan hasil perkawinan silang 3 jenis buah durian di Banyuwangi yaitu antara jenis durian kuning (fotogensis), durian merah (graveolens) dan durian putih (zibethinus).

4. Durian gajah
Anda tahu kopi luwak ? ya prosesnya hamper sama dengan luwak yang menelan kopi, lalu kotorannya yang mengandung biji kopi yang digunakan, demikin pula dengan durian gajah ini. Biasanya, gajah yang menemukan buah durian yang jatuh dari pohon akan membungkusnya dengan daun atau rumput. Setelah terbungkus, gajah akan memakan durian tersebut secara utuh.

Dan gajah pun akan mengeluarkan kotoran yang masih berupa durian, nah durian (tahi) gajah ini lah yang harganya bisa mencapai Rp 3 juta perbuah.

Baca juga:
Manfaat buah durian untuk kesehatan
Khasiat buah durian lainnya bagi kesehatan
Manfaat buah durian untuk ibu hamil

Selaiin rasa, durian gajah ini mempunyai rasa yang legit dari durian pada umumnya. Tapi dipercaya dapat menambah vitalitas lho.