4 Nutrisi untuk Pulihkan Tubuh Setelah Sakit

Cara memulihkan tubuh setelah sakit

Umumnya orang yang sedang sakit akan enggan untuk makan, hal ini karena makanan terasa pahit dan tidak enak dilidah, dan pada saat tubuh sembuh dari sakit nafsu makan pun bangkit kembali, namun walapun nafsu makan tinggi tapi tenaga belum pulih seperti biasa. Nah disini pentingnya makanan sehat yang dapat mengembalikan kondisi tubuh yang lemah.

Beberapa makanan berikut ini dapat memulihkan kebugaran dan kondisi tubuh yang lemah dengan cepat dari sakit.

1. Sayuran dan Buah-buahan
Buah dan sayuran banyak mengandung antioksidan yang berguna dalam peningkatan imunitas tubuh yang dapat mengembalikan fungsi normal tubuh. Macam buah dan sayuran yang banyak mengandung antioksidan seperti buah blueberry dan bayam.

Cara memulihkan tubuh setelah sakit
2. Protein
Asupan protein sangat dibutuhkan oleh tubuh ketika sakit.Sebab bagian tubuh yang rusak akan diperbaiki oleh protein. Zat ini terdapat pada daging, telur serta ikan. Satu hal yang mesti di ingat jika anda baru sembuh dari sakit makana anda jangan terlalu banyak bumbu serta banyak mengandung lemak.

3. Probiotik
Walaupun yang namanya penyakit terkadang disebabkan oleh bakteri jahat, akan tetapi tubuh pun mememrlukan bakteri baik agar tubuh dapat bekerja secara optimal. dan berdasarkan penelitian menyatakan bahwa makanan probiotik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga sistem pencernaan bekerja sesuai dengan funginya dengan baik. Probiotik banyak terdapat pada jenis yogurt dan keju. Pada buah-buahan seperti buah apel, kacang-kacangan, dan berry.

4. Air
Setelah sakit pemenuhan akan kebutuhan cairan tubuh dengan air merupakan satu hal yang sangat penting dan harus dilakukan. Air juga berperan dalam pengeluara racun dari dalam tubuh. Selain dengan minum air secara lang pememenuhan cairan tubuh, juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka atau melon.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi setelah sakit. Setelah sakit penuhilah kebutuhan tubuh akan makanan seperti yang disebutkan di atas untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan membantu Anda kembali sehat. Selain itu, pemenuhan nutrisi di atas juga membantu Anda mencegah penyakit datang kembali.

cara memulihkan tubuh sehabis sakit, cara memulihkan badan setelah sakit, cara memulihkan tubuh pasca sakit