AC Memang Dingin tapi Berbahaya

Tak dipungkiri, hawa bumi saat ini makin panas. Sebagai akibat dari pemanasan global atau pun efek rumah kaca.Oleh sebab itu, untuk mendinginkan suhu ruangan banyak orang  memakai AC yang bisa menyejukkan suhu di rumah, kantor, pusat perbelanjaan maupun tempat tertutup lainnya. Salah satu keuntungan yang didapatkan dengan terpasangnya AC adalah udara sejuk. Namun dibalik sejuknya terdapat  beberapa dampak buruk atau kerugian dari penggunaan AC terhadap kesehatan tubuh seseorang. Berikut ini beberapa alasan mengapa ruangan ber-AC memang dingin tapi berbahaya bagi kesehatan.
  • Dapat menurunksn kesehatan paru-paru. Suhu serta kelembaban ruangan ber-AC dapat berubah secara mendadak. Perubahan tersebut dapat mempengaruhi sistem pernafasan terutama paru-parunya.
  • Mempunyai efek yang jelek bagi Kesehatan Kulit. Jika berada di ruangan ber-Ac yang telalu lama maka selaput lendir dalam kulit akan berkurang dan menyebbkan tektur kulit yang kering. 
  • Adanya beberapa model AC yang dapat mengeluarkan bunyi yang bising dapat menjadikan salah satu pemicu sakit kepala atau pusing 
  • Karena ruangan tertutup serta sirkulasi udara yang minim dalam ruangan ber-AC sehingga menyebabkan Virus, Kuman Maupun Bakteri mudah berpindah-pindah dari satu orang ke orang lain di sekitarnya. Sehingga jika ada orang yang sakit, maka dpat dengan mudah menularkannya ke orang lain yang ada dalam satu ruangan.
  • Perputaran udara yang buruk diruangan yang ber-AC dapat menjadi penyebab berbagai alergi. Debu yang menjadi penyebabnya serta kualitas udara yang buruk di dalam ruangan yang ber-AC.
  • Akan meningkatkan resiko penyakit mata. Konjungtivitis serta blepharitis adalah dua jenis penyakit mata dapat lebih berisiko dialami oleh seseorang yang sebagian besar waktu hariannya dihabiskan berada di ruangan yang ber-AC.
  • Tidak tahan suhu panas. Mereka yang sudah terbiasa bekerja serta beraktivitas di ruangan yang ber-AC, maka begitu keluar ruangan merasa akan merasakan ketidaknyamanan dan keringat akan selalu keluar.  
Itulah bahayanya penggunaan AC dalam ruangan, selain tak hemat energi, karena rumah yang menggunakan AC dapat diperhatikan pembayaran listrik tiap bulannya akan besar. Silakan saja pakai AC tapi stel pada kisaran suhu yang sedang-sedang saja dan jangan terlalu lama menyalakan AC.