Berbagai Manfaat Buah Kedondong Sebagai Obat Herbal

Buah kedondong merupakan macam tanaman buah-buahan yang banyak tumbuh di negara Indonesia. Dengan rasa yang manis, asam maka banyak dimanfaatkan sebagai rujak serta dibuat manisan akan makin segar bila dikonsumsi pada saat terik matahari.

Ternyata dalam buah kedondong terdapat banyak manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit dan berfungsi sebagai obat herbal. Berikut ini berbagai manfaat buah kedondong sebagai obat herbal :

1. Obat luka bakar
Untuk mengobati luka bakar yang digunakan adalah bagian daunnya selain enak pula dipakai untuk lalapan.

2. Obat batuk
manfaat buah kedondong bagi kesehatan tubuh lainnya adalah dapat mengobati batuk. Caranya parutlah buah kedondong, setelah itu peras sampai keluar air. Nah air hasil perasan tadi yang digunakan sebagai obat dengan cara meminumnya. Batuk pun dapat berkurang.

3. Obat diare
Untuk mengobati diare yang dipergunakan atau bagian yang dimanfaatkan adalah bagian batang pohon buah kedondong. Caranya dengan merebus batang pohonnya, kemudian meminumnya.

4. Anemia
Buah kedondong kaya akan zat besi, jika rajin mengonsumsi buah ini, maka kurang darah atau yang disebut anemia akan jauh.

5. Rambut rontok
Manfaat buah kedondong untuk kecantikan adalah dapat mencegah kerontokan rambut. Hal ini karena peranan zat besi yang terkandung dalam buah kedondong yang berperan dalam menjaga kesehatan batang serta akar rambut.

6. Menyehatkan kehamilan
Lagi-lagi peran zat besi dalam buah kedondong yang dapat menyehatkan kehamilan dengan cara memberikan asupan zat besi yang cukup pada ibu hamil.

Masih terdapat banyak resep manfaat buah kedondong bagi kesehatan tubuh. Sedangkan manfaat buah kedondong untuk ibu hamil muda sudah dapat dipastikan dalam bentuk rujak lebih nikmat.