Inilah Manfaat dan Kegunaan Daun Sirih

Begitu banyak manfaat yang dikandung daun sirih menjadikannya tanaman yang multiguna dan multifungsi. Sirih adalah tanaman asli dari Indonesia mempunyai ciri tumbuh merambat dan atau bersandar pada batang pohon yang lain.  Daunnya dapat dimakan langsung.

Tinggi tanaman ini bisa mencapai 15 meter. Ciri lainnya mempunyai bagian batang yang berwarna coklat kehijauan,beruas,  dengan bentuk bulat, beruas adalah tempat keluarnya akar. Berdaun dengan bentuk jantung, ujung runcing, bertangkai, dan bila diremas akan mengeluarkan bau yang sedap. Panjang daun sekitar 5 - 8 cm serta lebar 2 - 5 cm.

Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak untuk kapal terbang (betIephenol), pati, seskuiterpen, gula, diatase, zat samak serta kavikol yang memiliki kekuatan dalam mematikan kuman, antioksidasi serta fungisida. Dapat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan oleh bakteri serta cendawan. Dapat menahan perdarahan, mengobati serta menyembuhkan  pencernaan serta luka.

Selain itu daun sirih mempunyai sifat dapat mengerutkan luka, meluruhkan ludah, mengeluarkan dahak, hemostatik, serta menghentikan perdarahan. Penggunaan untuk obat hidung mengeluarkan darah atau mimisan gunakan 2 lembar daun sirih segar , dicuci, digulung lalu dimasukkan ke dalam  hidung. Bahan aktif kavikol serta fenol yang terkandung dalamdaun sirih  pun bisa dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap

Kegunaan dari daun sirih secara umum dapat mengobati sakit Batuk, Sariawan, Paru-paru, Masalah jerawat, Keputihan pada wanita, Sakit gigi berlubang, Demam berdarah, Mult yang bau, Tidak teraturnya haid, Asma, Radang tenggorokan, Gusi bengkak, Membersihkan Mata, Ketiak yang berbau.

Sedangkan untuk pemakaian luar dapat menyembuhkan penyakit Eksim, Luka bakar, Koreng (pyodermi), Kurap kaki, Bisul, Mimisan, Sakit mata, Perdarahan gusi, Mengurangi produksi ASI yang berlebihan, Menghilangkan gatal.

Itulah khasiat serta manfaat dari daun sirih. Dengan begitu banyaknya manfaat yang didapat dari daun sirih, maka dapat dijadikan alternatif pengobatan bagi yang menderita sakit seperti yang disebutkan.