Bayi Baru Lahir Ibarat Misteri

Bayi baru lahir ibarat misteri. Demikian pendapat di mata kebanyakan para ibu yang baru mempunyai bayi,  yang faktanya sangat perlu untuk diungkap . Fakta-fakta berikut adalah perihal mengenai bayi baru lahir. Taku usah kaget dan khawatir dengan fakta yang ada, karena semuanya normal.

1. Tidur pulas
Bayi yang baru lahir biasanya tidur rata-rata selama 18-22 jam sehari. Uniknya, sang bayi dapat lebih banyak tidur pada siang hari, dan pada malam hari justru akan  sering bangun serta akan mengajak Anda bermain.
Bayi Baru Lahir Ibarat Misteri

2. Makan  terus
Menyusu adalah aktivita lain dari bayi selain tidur. Karena ukuran lambungnya yang kecil yakni hanya mampu menampung air susu sebanyak 100 ml, hal ini menyebabkan bayi punya jadwal makan setiap 2-3 jam.

3. Berat badan turun
Pada minggu pertama berat badan bayi akan turun  sebesar 5-10% dari berat waktu lahir, walaupun  minum ASI sepanjang hari,  Penyebabnya karena bayi mengeluarkan sejumlah cairan dan kotoran pertamanya (mekonium). Nanti pada minggu kedua, bobot tubuh bayi pun akan naik secara bertahap.

4. Hobi menangis
Bayi memang hobinya menangis, itu adalah ungkapan diri sang bayi, bila bayi menangis? Jika ia merasa kelaparan, kepanasan, kedinginan dan sakit. Bayangkan jika bayi tidak dapat menangis, darimana kita tahu tanda-tanda keinginan sang bayi?.

5. Kulitnya keriput
Kulit bayi yang baru lahir tidak langsung kelihatan montok, lembut dan menggemaskan, justru kulit bayi akan keriput. Sebetulnya kondisi, struktur serta komponen kulit bayi baru lahir telah lengkap. Hanya saja, belum berfungsi secara sempurna seperti pada organ tubuh lainnya.

6. Tangan dan kakinya dingin
Bayi baru lahir tangan serta kaki mungilnya terasa dingin, namun bukan berarti bayi kedinginan, selama bagian dada serta perutnya berasa hangat ketika diraba, dan permukaan kulitnya tak nampak kebiru-biruan. Itu tandanya bayi aman-aman saja. Hal ini karena aliran darah didalam tubuh bayi baru lahir akan diutamakan dahulu ke arah organ-organ tubuh yang penting untuk proses merabolisme tubuh. Misalnya dialirkan ke arah jantung, arah otak, dn arah paru-paru. Oleh krena itu untuk membuat bayi agar merasa hangat bantulah dengan memakaikan kaus kaki, selimuti,  khususnya jika cuaca dalam keadaan  dingin.

7. Haus belaian
Indra pada bayi Paling awal berkembang adalah indera peraba. Merupakan stimulasi untuk perkembangan indera peraba bayi dapat dilakukan dengan cara sentuhan lembut tangan seperti menggendongnya, mengangkatnya, mengusapnya, atau dengan membiarkannya tidur di atas dada Anda. Ujung-ujung saraf di balik permukaan kulitnya dapat terstimulasi dengan baik.  Anda juga dapat menerapkan teknik pijat bayi. Intinya, apa pun bentuk sentuhan serta belaian yang dilakukan, semua itu akan membuat bayi merasakan kenyamanan dan sangat berarti bagi sang bayi.

Itulah fakta mengenai bayi baru lahir ibarat misteri. Memang bayi penuh dengan misteri. Tapi bagi ibu-ibu yang sudah berpengalaman minimal 2 kali melahirkan, mungkin sudah tidak asing lagi karena sudah mengetahuinya,. Bagi ibu baru silakan dibaca!.