Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Kebanyakan masakan India tidak lengkap tanpa menggunakan bawang putih. Bahan yang tidak hanya menambah rasa makanan, tetapi juga dikemas dengan manfaat kesehatan. Bawang putih mempunyai bau menyengat yang berasal dari senyawa yang mengandung sulfur. Allicin, adalah senyawa yang paling penting dalam bawang putih, karena mepunyai antioksidan, anti-bakteri, anti-jamur serta antivirus.

Bawang putih dapat digunakan untuk mengobati kanker, kolesterol, tekanan darah tinggi, diabetes, osteoarthritis, pilek serta flu. Bawang putih juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut ini manfaat kesehatan dari bawang putih.

Bawang putih memperkuat sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu tubuh melawan flu, batuk, dan infeksi dada. Karena bawang putih mengandung sejumlah yodium yang besar, sehingga sangat efektif untuk mengobati hipertiroid. Bawang putih juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.
Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Bawang putih juga mengandung sejumlah besar vitamin C dan B6, yang diperlukan untuk kulit, sistem kekebalan tubuh yang sehat dan membantu dalam pertumbuhan sel-sel tubuh yang baru. Berdasarka penelitian menyatakan bahwa vitamin B6 bisa membantu dengan perubahan suasana hati dan meningkatkan disposisi seseorang.

Bawang putih juga dapat digunakan untuk mengobati bermacam kanker seperti prostat, payudara, usus serta kanker perut, karena memiliki kadar tinggi vitamin B6, yang dikenal karena sifat melawan kanker. Banyak penderita diabetes juga menggunakan bawang putih untuk mengatur kadar gula darah mereka, bawang putih meningkatkan tingkat insulin dalam darah.

Namun, penting untuk dicatat bahwa makan terlalu banyak bawang putih, terutama bawang putih mentah, dapat menyebabkan bau badan, seperti bawang putih meninggalkan tubuh melalui pori-pori kulit. Jadi, pastikan bahwa Anda makan hanya dua atau tiga siung (mentah) bawang putih sehari, untuk, tubuh yang sehat dan kuat.