Manfaat Kecambah untuk Kesehatan Tubuh

Kecambah adalah macam sayuran berupa tunas yang digunakan dalam masakan. Kecambah mengandung jumlah yang jauh lebih besar dari vitamin dan nutrisi. Contoh kecambah adalah Tauge

Dalam kecambah akan banyak nilai gizi yang hilang ketika dipanaskan. Dengan kata lain, meskipun mereka adalah sumber yang sangat penting dari nutrisi dan meningkatkan kesehatan bermanfaat, namun dari segi memasak pun harus diperhatikan, sebab nutrtisi dalam kecambah akan hilang jika memasaknya sembarangan.

Fakta gizi Kecambah
Kecambah mengandung banyak protein dan serat makanan, serta vitamin K, asam folat, asam pantotenat, niasin, tiamin, vitamin C, vitamin A, riboflavin dan mineral seperti mangan, tembaga, seng, magnesium, kalsium dan zat besi.

Seiring dengan semua komponen vitamin dan mineral, kecambah merupakan sumber yang kaya enzim yang diperlukan bagi kesehatan. Untuk makan kecambah agar nilai gizinya tetap bertahan, adalah dengan dimakan mentah, seperti dibuatkan gado-gado. Berikut beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa dan vitalitas dari kecambah tauge bagi kita.
Manfaat Kecambah untuk Kesehatan Tubuh

Pencernaan
Kecambah adalah salah satu jenis mkanan terbaik yang mengandung sejumlah besar enzim. Hal ini dapat membantu untuk memperkuat berbagai proses metabolisme dan reaksi kimia dalam tubuh, khususnya pada saat mencernanya. Enzim merupakan bagian penting dari proses pencernaan, dan membantu untuk memecah makanan secara efektif dan meningkatkan penyerapan nutrisi oleh sistem pencernaan.

Serat makanan yang ditemukan di kecambah  sangat penting untuk meningkatkan kinerja fungsi saluran pencernaan, sehingga lebih mudah dalam melewati saluran pencernaan. Selain itu, serat makanan merangsang empedu yang membantu enzim yang sudah ditemukan dalam kecambah dalam memecahkan makanan secara efektif dan efisien. Kecambah adalah cara yang bagus untuk mengobati sembelit, serta diare bahkan dapat mencegah kanker kolorektal.

Metabolisme
Seperti telah disebutkan, bahwa kecambah mengandung enzim yang biasanya tidak tersedia melalui makanan. Sehingga dapat mempengaruhi aktivitas metabolisme dalam tubuh. Kecambah mengandung sejumlah besar protein, merupakan bagian penting dari makanan yang memungkinkan tubuh kita untuk melakukan semua fungsi bahan kimia.

Protein sangat penting untuk hampir semua proses tubuh khususnya untuk pembentukan, pemeliharaan, perbaikan sel, peremajaan kulit, pertumbuhan tulang, perkembangan otot sertad sejumlah aspek lainnya yang sangat penting dari kesehatan tubuh. Ini berarti bahwa kecambah merupakan cara mudah dan lezat untuk meningkatkan kinerja dan perkembangan tubuh.
Anemia dan peredaran darah
Anemia adalah defisiensi zat besi. Karena zat besi merupakan bagian penting dari produksi sel darah merah. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, mual, pusing ringan, gangguan lambung. Dengan mempertahankan jumlah sel darah merah pribadi dengan jumlah yang sesuai Anda besi (tembaga, yang juga ada dalam tunas), bisa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga meningkatkan oksigen dalam sel dan organ-organ tubuh untuk meningkatkan kinerjanya.

Berat badan
Kecambah adalah salah satu makanan yang sangat tinggi nutrisi tetapi mengandung kalori yang sangat rendah. Ini berarti bahwa makan kecambah tanpa harus khawatir dengan kegemukan. Selain itu serat dalam kecambah membantu untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Kesehatan Jantung
Kecambah adalah sumber asam lemak omega-3, meskipun hal ini secara teknis bentuk kolesterol, Namun tetap dianggap kolesterol "baik proporsi" (kolesterol HDL), dan benar-benar dapat mengurangi jumlah kolesterol berbahaya dalam pembuluh darah dan arteri. Asam lemak omega-3 juga anti-inflamasi sehingga bisa mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular.

Kandungan kalium kecambah juga membantu menurunkan tekanan darah, karena kalium adalah vasodilator dapat melepaskan ketegangan di arteri dan pembuluh darah. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen, sekaligus mengurangi pembekuan darah dan mengurangi risiko aterosklerosis, stroke serta serangan jantung.

Itulah manfaat kecambah untuk kesehatan tubuh. Walaupun kecil tapi khasiat dan manfaatnya luar biasa.  Jad jangan anggap remeh makanan kecil