Vitamin D & Vitamin K dan Pentingnya Kesehatan dan Penyakit

Vitamin D sangat diperlukan untuk pembentukn tulang dan gigi dan untuk kesehatan fungsi kelenjar tiroid. Dan berfungsi membantu dalam proses asimilasi kalsium, fosfor, dan mineral lainnya dalam pencernaan. Vitamin D ditemukan dalam sinar matahari, ikan, susu, telur, mentega. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tulang menjadi keropos dan kerusakan gigi yang parah.

Jumlah yang dianjurkan asupan per hari vitamin ini baik untuk orang dewasa dan anak-anak adalah 400 sampai 500 unit internasional. Therepeutically, antara 4.000 hingga 5.000 Iu per hari untuk orang dewasa  Jika diakonsumsi untuk tidak lebih dari satu bulandan digunakan dalam pengobatan kelelahan otot, sembelit dan gugup. Tapi akan menjadi racun jika dikonsumsi dalam dosis yang berlebihan, terutama untuk anak-anak. Tanda-tanda kercunan vitamin D adalah rasa haus yang tidak biasa, sakit mata, kulit gatal, muntah, diare, urgensi kemih, deposit kalsium abnormal pada dinding pembuluh darah, hati, paru-paru, ginjal,
dan perut.
Vitamin D & Vitamin K dan Pentingnya Kesehatan dan Penyakit

Vitamin K diperlukan untuk pembekuan darah yang tepat, pencegahan perdarahan dan fungsi hati yang normal. Vitamin K membantu dalam mengurangi aliran menstruasi yang berlebihan. Vitamin ini terkandung dalam kuning telur, susu sapi, yoghurt, alfalfa, sayuran hijau dan berdaun, bayam, kembang kol, kubis dan
tomat. Kekurangan Vitamin ini dapat menyebabkan terbentuknya garam empedu dalam usus, radang usus, menurunkan vitalitas dan penuaan dini.

Vitamin memang sangat diperlukan tubuh, namun konsumsilah asupan suplemen vitmin sesuai anjuran dan kebutuhan, karena jika kita makan makanan yang sehat dan seimbang pun sudah cukup.