6 Fakta Tentang Telur yang Wajib Anda Tahu


Fakta Tentang Telur yang Wajib Anda Tahu
Telur tak sedikit direkomendasikan oleh para pakar kesehatan, sebab kandungan proteinnya serta nutrisi lainnya. Tapi mungkin inilah enam fakta soal telur yang belum Kamu ketahui sebelumnya.

1. Kegunaaan telur bagi jantung
Telur tak sedikit dianggap berbahaya bagi kolesterol serta tetap tak sedikit yang mengkhawatirkannya. Kolesterol sebetulnya bisa buruk, apabila Kamu mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, semacam makanan-makanan yang digoreng.

Telur mengandung lemak jenuh yang sedikit. Serta justru telur mengandung lemak omega-3 yang lumayan tinggi serta bisa berguna bagi jantung, khususnya mencegah penyakit kardiovaskuler.

2. Masaklah telur dengan benar
Jika Kamu bahagia mengkonsumsi telur, pastikan tak dimakan dengan mentah-mentah. Cegahlah produk-produk yang mengandung telur tak matang. Telur bisa mengandung bakteri yang berasal dari kotoran ayam.

Jika bakteri ini masuk ke dalam telur, jadi bakteri salmonella berisiko terkandung dalam telur. Serta apabila tak dimasak dengan benar, bakteri ini bisa meracuni badan Anda.

3. Mitos putih telur untuk membesarkan otot
Telur terbukti mengandung protein tinggi, serta terbukti benar protein diperlukan untuk membesarkan otot. Namun tak terbukti kegunaaan putih telur untuk membesarkan otot.

Seperti yang sempat dinyatakan oleh Asosiasi Pakar Gizi Untuk Olahraga, bahwa putih telur merupakan makanan bagi para binaragawan. Dua telur berkapasitas 10 gram mengandung 10 gram protein dengan lemak yang sedikit. Tapi kandungan protein tinggi bisa didapatkan dari sumber lain.

4. Pentingnya mencuci telur dengan kulitnya
Kulit telur yang keras bisa mempunyai tak sedikit bakteri. Bakteri ini bisa mengontaminasi telur, seusai Kamu memecahkan kulitnya. Untuk mencegah risiko ini bisa dilakukan dengan mencucinya dengan air terlebih dahulu. Jauhkan pula air bekas mencuci telur dari makanan lainnya, serta jangan lupa mencuci tangan seusai melakukannya.

5. Menyimpan telur yang benar
Agar menjaga telur supaya tetap segar, sebaiknya Kamu tetap menyimpannya di dalam kulkas dengan kotak alias kardus khusus telur. Kamu sebaiknya mengkonsumsi telur sebelum batas waktu yang biasanya tertera dalam kemasan kotak alias kardusnya.

Ingin tahu apakah telur Kamu tetap segar alias tidak? Cemplungkan telur dengan cara perlahan ke dalam mangkuk berisi air. Apabila telur kemudian tenggelam, artinya telur tetap segar.

6. Tutorial memisahkan putih serta kuning telur
Untuk menghindari supaya bakteri dari kulit telur tak mengkontimasi isi telur, pisahkan tahap putih serta kuning telur dengan alat khusus, yang bisa didapatkan di toko perlengkapan dapur serta memasak. Jangan memisahkan putih serta kuning telur dengan memakai kulitnya.