Cegah Telinga Berdenging dengan Konsumsi Kopi Secara Rutin

Telinga Anda sering merasa berdenging secara tiba-tiba? Waspadalah dengan keadaan tersebut. Telinga berdenging atau dalam istilah medisnya yaitu tinnitus yang seringkali diderita mereka yang menggunakan headset atau earphone atau headphone terlalu lama. Penyebab lain dari tinnitus adalah karena terjadinya kerusakan saraf pada bagian telinga bagian dalam yang disebabkan oleh paparan musik yang terlalu keras atau karena infeksi telinga.

Banyak orang mengalaminya dengan gejala yang dirasakan oleh telinga seperti mendengar dering atau menderu, mendesis, berdengung, atau denting. Suara biasanya berlangsung hanya beberapa menit atau bahkan lebih lama atau ada yang berlangsung setiap hari.
Cegah Telinga Berdenging dengan Konsumsi Kopi Secara Rutin

Walaupun belum ditemukannya obat yang bisa membuat sembuh penyakit ini, namun terdapat sebuah terapi sederhana yang bermanfaat dan tidak ada salahnya dicoba untuk mengobatinya.

Terapi yang dimaksud adalah dengan mengonsumsi kopi yakni dengan cara meminum air kopi. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan di The Nurses Healthy Study II ini ditemukan bahwa zat kafein yang terkandung di dalam kopi bermanfaat sebagai stimulan untuk menenangkan sel-sel rambut halus pada bagian dalam telinaga. Sehingga rasa dengingan yang terjadi akan terbantu ringan.

Itulah cara mencegah telinga berdenging dengan konsumsi kopi secara rutin. Kafein yang terdapat dalam kopi tidak selamanya berdampak negatif untuk kesehatan.  Selain dapat meningkatkan energi, ternyata kafein juga bermanfaat juga untuk menyehatkan telinga.