5 Khasiat dan Manfaat Konsumsi Kecambah

Kecambah sering disebut sebagai makanan super karena sarat dengan nutrisi dan membantu membersihkan darah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kecambah juga mengandung dosis yang besar vitamin E, potassium, zat besi, bahan kimia nabati, antioksidan, bioflavonoid, kemo-protectants dan protein, asam folat, seng, niasin, riboflavin, tembaga serta magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap sehat dan kuat.

Jenis makanan ini biasanya terdapat atau dipakai untuk campuran dalam makanan. Umumnya terdapat pada jnis makanan soto, nasi lengko, gado-gado atau jenis makanan lainnya. Tak lengkap rasanya jika dalam makanan tersebut tidak terdapat kecambah. Berikut ini 5 khasiat dan manfaat jika kita mengonsumsi kecambah.

Pencernaan: Kecambah mengandung enzim yang banyak, yang membantu dalam proses pencernaan dan mereka juga membantu meningkatkan penyerapan nutrisi di saluran pencernaan. Kecambah juga mengandung serat, yang dapat membantu dalam pencegahan diare, sembelit serta bahkan beberapa jenis kanker.
5 Khasiat dan Manfaat Konsumsi Kecambah

Meningkatkan metabolisme: Kecambah mengandung enzim tertentu, yang tidak ada makanan lain. Kecambah juga mengandung sejumlah besar protein, yang diperlukan untuk memperbaiki organ tubuh yang rusak, meregenerasi kulit, pertumbuhan tulang serta perkembangan otot.

Mencegah penyakit kurang: Apabila Anda menderita kekurangan zat besi, makanlah kecambah karena kecambah membantu dalam produksi sel darah merah dan juga meningkatkan sirkulasi darah.

Membantu penurunan berat badan: Kecambah tidak hanya dikemas dengan vitamin dan nutrisi, kecambah juga sarat dengan serat, yang membantu untuk membuat orang merasa kenyang, dengan melepaskan ghrelin, yang merupakan hormon rasa lapar dan memberitahu pikiran kita bahwa kita siap untuk makan sesuatu . Hal ini dapat mencegah makan berlebihan dan membantu menurunkan berat badan.

Menjaga kesehatan jantung: Kecambah adalah sumber yang baik dari asam lemak omega-3 dan dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol berbahaya dalam pembuluh darah serta arteri. Karena kecambah juga mengandung kalium yang tinggi yang dapat membantu untuk mengurangi tekanan darah, meningkatkan sirkulasi dan oksigenasi dan mencegah serangan jantung dan stroke.

Itulah 5 khasiat dan manfaat konsumsi kecambah. Jangan pandang remeh barang kecil, tapi lihat dan rasakan manfaatnya.