Dampak Penggunaan Earphone Bagi Kesehatan

Jaman sekarang teknologi memang semakin berkembang serta memberikan tidak sedikit kenyamanan bagi manusia. Tapi terkadang, teknologi pun mampu berdampak tidak baik bagi kesehatan. Salah satunya yaitu pemakaian earphone atau headphone yang terlampau sering digunakan.

Teknologi earphone pastinya telah dipakai oleh tidak sedikit orang pada masa sekarang. Earphone mempermudah orang mendengarkan musik di manapun. Apakah Anda  termasuk yang menyukai penggunaan earphone? jika ya, sebaiknya waspadai tentang penggunaannya. Terdapat banyak masalah kesehatan yg dapat ditimbulkan dari penggunaan earphone tersebut, jika sering dipakai akan berdampak :

1. Kehilangan pendengaran
Pada saat memakai earphone, bunyi yang ke luar akan mengenai dengan gendang telinga secara langsung. Nunyi yang keluar seharusnya tak melebihi 90 desibel. Volume nada di atas batasan tersebut dapat menyebabkan kerusakan terhadap pendengaran.

Idealnya seorang tak memakai earphone lebih dari 15 menit. Menggunakannya terlampau lama mampu menyebabkan kerusakan gendang telinga. Lebih parah lagi dengan hilangnya pendengaran. cara amannya adalah ada baiknya lepaskan 15 menitnit sekali serta istirahatkan telinga.
Dampak Penggunaan Earphone Bagi Kesehatan

2. Infeksi telinga
Menggunakan earphone secara bergantian dengan orang lain akan menyeabkan infeksi telinga. Hal ini dikarenakan bakteri ditelinga orang lain dapat berpindah ke telinga Anda  serta dapat menyebabkan infeksi.

3. Penyumbatan saluran udara
Menggunakan earphone dengan bentuk terlalu kecil dan menutupi telinga sepenuhnya dapat menyumbat jalannya udara ke telinga. Ini dapat menyebabkan infeksi telinga, menumpuknya kotoran telinga, akhirnya menyebabkan telinga akan kehilangan pendengaran.

4.Sakit telinga
Penelitian menyatakan bahwa apabila terlalu sering menggunakan earphone atau headphone biasanya akan  mengalami rasa sakit ditelinga mereka.

5. Efek terhadap otak
Earphone & headphone memproduksi gelombang elektromagnetik yang mampu berbahaya bagi otak manusia. Meskipun belum ada penelitian yg mampu membuktikan resiko tentu dari earphone & headphone terhadap otak, tapi penelitian sudah mengungkap bahwa orang yg terlampau sering memakai earphone & headphone lebih rentan terkena masalah bersama otak mereka.

Itulah beberapa masalah yang dapat ditimbulkan akibat pemakaian earphone terhadap telinga. Untuk amannya disarankan jangan menggunakan earphone yang terlampau mungil yang dapat masuk ke lubang telinga seluruhnya, jangan menggunakan earphone secara bergantian degan orang lain, bersihkan earphone secara berkala satu bulan satu kali, serta jangan setel musik terlampau keras.