20 Cara Mudah Singkirkan Komedo dari Wajah Anda

Siapa yang tidak ingin mempunyai wajah bersih, cerah, serta bersinar? Semua orang – khususnya wanita – pasti mendambakannya. Tapi pasti saja pasti ada saja persoalan pada kulit wajah yang mengganggu. Salah satunya komedo.

Komedo terkesan semacam titik hitam alias titik putih yang umumnya timbul di hidung. Komedo timbul karna kotoran serta debu yang menumpuk serta terperangkap di pori-pori.

Komedo hitam timbul saat pori-pori penuh dengan sel kulit mati serta minyak tapi tahap ujung pori-pori terbuka, jadi tumpukan kotoran ini menghitam karna terkena udara. Sedangkan komedo putih terjadi sebab tertutupnya pori-pori dengan kotoran di dalamnya.


Cara menangani komedo di wajah


Jangan biarkan komedo bersarang lama di wajah Kamu ya, sebab apabila terinfeksi oleh Propionibacterium acnes bakal menjadi lebih parah, semacam timbulnya benjolan alias daging tumbuh.

Biasanya komedo tidak sedikit terjadi pada orang dengan jenis kulit berminyak. Tapi dapat juga terjadi sebab hal perubahan hormonal, yaitu orang yang dalam masa pubertas alias kehamilan.

Membersihkan wajah dengan sabun ber-scrub bukanlah cara yang cocok untuk menghapusnya, justru bakal membikin kulit menjadi kering serta memaksanya menghasilkan lebih banyak minyak.

Ini berbagai trik yang dapat Kamu perbuat sendiri di rumah tanpa butuh ke salon, dengan bahan-bahan yang lumayan alamiah serta mudah didapatkan. Selamat mencoba!

Masker Putih Telur serta Madu

Putih telur menutrisi kulit, memperkokoh serta mengecilkan pori-pori, jadi mengurangi kemungkinan munculnya kembali komedo. Sedangkan madu membikin kulit jadi lebih lembut.

Yang Kamu perlukan yaitu sebutir telur (gunakan putihnya saja), satu sendok madu murni, serta satu sendok yogurt. Campurkan semua bahan. Seusai membersihkan wajah Anda, oleskan bahan ke wajah dengan cara merata. Diamkan selagi 30 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat sampai bersih.

Air
Ini mungkin merupakan cara yang paling sederhana yakni cukup membersihkan muka dengan air. Bersihkan muka 2 kali dalam satu hari kurangi melebarnya pori-pori, hingga sedikit kotoran yang masuk.

Yogurt
Campur yogurt, oatmeal, minyak zaitun, serta air jeruk nipis. Aduk rata sampai jadi seperti cream. Oleskan di wajah lantas diamkan sepanjang 5 menit. Basuh.

Minyak Kacang Tanah
Minyak kacang tanah sampai kini tidak sering di ketahui faedahnya – jadi sebagian tidak paham apakah itu minyak kacang tanah. Minyak ini berikan gizi pada kulit, dapat bermanfaat untuk singkirkan komedo, serta menghindar mereka muncul kembali.

Campur 2-3 tetes minyak kacang tanah ke air jeruk nipis, beri di wajah. Basuh sesudah dibiarkan kira-kira 20-30 menit.

Uap Air
Berikut langkah termudah lainnya untuk singkirkan komedo dari muka Anda. Uap panas bakal buka pori-pori muka serta melunakkan kotoran dan sel kulit mati yang mengeras di dalamnya. Cuma air, panci, serta handuk yang bakal Anda perlukan. Berikan minyak esensial sebagai aromatherapy bila Anda sukai.

Pertama, didihkan air dalam panci. Balut handuk di kepala serta posisikan muka Anda diatas panci, terserang uap dari air yang mendidih sepanjang 15 menit atau sampai komedo jadi agak lunak. Pencet atau dorong komedo keluar dengan tangan, namun janganlah sangat keras. Kerjakan ini satu minggu sekali.

Berkeringat
Dengan berkeringat, bakal bikin pori-pori jadi basah hingga melunakkan serta buang kotoran yang terjebak. Ini sama seperti yang berlangsung dengan menguapi muka dengan uap air panas. Namun bila Anda tidak selekasnya bersihkan keringat sesudah bekerja, malah keringat yang jadi kering di kulit bakal tutup pori-pori serta bikin kulit jadi lebih kotor serta kusam.

Jadi rajin-rajin lah berkeringat

Baca juga: 5 manfaat buahmangga untuk kecantikan kulit

Madu serta Susu
Madu dapat singkirkan komedo dengan cara efisien serta menghaluskan dan melembabkan kulit, disamping itu madu juga memiliki karakter antibakteri. Disamping digabung putih telur, madu dapat juga dikombinasi dengan susu sebagai masker untuk menyingkirkan komedo.

Susu mengandung asam laktat yang bikin kulit jadi halus serta kenyal.

Langkahnya dengan mencampurkan sesendok madu murni serta satu sendok-teh susu, dipanaskan atau di rebus sepanjang 5-10 detik lantas diaduk rata. Diamkan sampai agak dingin. Pakai kuas untuk memoleskan masker ke muka dengan cara rata, biarlah sampai 30 menit. Pijat muka sebagian menit sebelumnya membilasnya dengan air sampai bersih.

Oatmeal atau Almond
Bikin scrub oatmeal tak lah sulit. Cukup campur oatmeal dengan madu murni, ukuran yang sesuai dengan keperluan. Berikan ke muka serta didiamkan sepanjang 20 menit. Pijat muka sebelumnya dibikin bersih dengan air hangat. Oatmeal dapat ditukar dengan kacang almond yang telah digiling sampai halus.

Cuka Apel
Kesempatan ini bukanlah masker atau scrub yang bakal Anda cobalah, namun toner. Cuka apel bakal menghancurkan kotoran penyebabnya komedo. Cukup berikan cuka apel ke muka, biarlah jadi kering serta tak perlu dibasuh. Untuk bikin kulit lebih fresh serta menghindar iritasi, campur mint serta cuka, lantas taruh sepanjang satu minggu di kulkas. Kemudian campur dengan satu gelas air, serta pakai tiap-tiap malam hari setelah bersihkan muka.

Baking Soda (Soda Kue)
Dianjurkan janganlah terus-terusan memakai baking soda sebagai masker, lantaran bakal bikin kulit kering. Campur baking soda dengan air, lalu dioles-oleskan rata ke muka. Pijat dengan lembut, lantas basuh dengan air bersih.

Air Lemon
Lemon mengandung Alpha Hydroxy Acid yang terkelupas kulit dengan cara alami, selain itu lemon juga membuat cerah kulit serta memperkecil pori-pori. Baiknya bila Anda memakai cara ini, pakai sunblock atau tabir surya bila pergi, lantaran lemon bikin kulit Anda lebih peka pada sinar.

Langkah yang perlu Anda kerjakan yaitu memeras lemon lantas sisihkan airnya. Pakai kapas untuk mengoles air lemon ke muka. Kerjakan ini 3-4 kali dalam satu minggu tiap-tiap malam hari, serta cuci muka dengan air hangat di esok paginya. Bila kulit Anda peka, campur air lemon dengan air terlebih dulu.

Baca juga: minuman ini akan turunkan 3kg dalam seminggu tanpa perlu berolahraga

Minyak Tea Tree
Mempunyai karakter anti bakteri serta anti jamur, minyak tea tree begitu bagus dipakai untuk menjaga kesehatan kulit. Termasuk juga singkirkan komedo. Campur tea tree dengan air lantas berikan dibagian muka yang berkomedo atau terserang infeksi memakai kapas, Biarlah jadi kering tanpa ada butuh dibasuh.

Anda dapat menyampurnya dengan lidah buaya untuk menghaluskan serta menyehatkan kulit.

Nasi
Masker nasi? Mungkin saja ini bakal terdengar agak aneh. Namun ini benar, menyingkirkan komedo dengan nasi.

Langkahnya gampang. Tuang seporsi nasi kedalam susu, rendam sepanjang 4-5 jam, lantas giling sampai lunak serta tercampur jadi seperti bubur. Berikan ke semua muka serta pijat perlahan-lahan dengan sedikit desakan pada ruang yang berkomedo. Kerjakan sepanjang 5-10 menit, kemudian bersihkan.

Kentang
Parut kentang, lembutkan. Ambillah adonan kentang, simpan ke ruang muka dimana komedo tampak. Biarlah sepanjang 20 menit lantas basuh.

Bubuk Kayu Manis serta Madu
Terdengar lezat, ya? Namun yakinlah, kombinasi kayu manis serta madu pantas Anda cobalah untuk melenyapkan komedo di muka. Kayu manis nyatanya menolong aliran, tingkatkan aliran darah, serta mengangkat sel kulit mati hingga bikin kulit jadi sehat, halus, serta bersinar.

Pertama Anda campur madu murni dengan kayu manis sampai jadi seperti cream. Anda bisa memberikan sesendok air lemon bila sukai. Berikan cream itu ke muka Anda dengan sisi yang lebih tidak tipis di sekitaran komedo. Bersihkan muka sesudah dilewatkan sepanjang 5 menit.

Tanah Liat
Agak menjijikkan memanglah, menyimpan tanah ke muka kita. Namun, hey, tahukah Anda kalau tanah liat kaya kandungan mineralnya yang telah dipakai beratus-ratus tahun untuk menyembuhkan sebagian persoalan kulit?

Waktu dalam kondisi basah, tanah liat menyerap minyak serta kotoran lain dari dalam pori-pori.

Disamping itu, tanah liat juga membuat lancar aliran darah, membuat cerah kulit, serta membuatnya sehat.

Anda dapat menyampurnya dengan air, cuka apel, serta bahan alami lain yang pas untuk muka Anda. Janganlah berikan bahan apa pun bila kulit Anda peka. Lantas berikan ke muka, serta bersihkan bersih sesudah 25 menit.

Masker tanah liat bakal bikin muka Anda jadi kaku waktu masker kering, itu lumrah kok. Janganlah lupa membersihkan muka Anda dengan sabun muka yang dapat menghaluskan kulit Anda.

Pasta Gigi
Langkah paling sederhana, nih. Tidak butuh repot mencampur-campur bahan. Lumurkan sejumput pasta gigi ke ruang komedo tumbuh subur. Beri beberapa tidak tebal rata. Biarlah jadi kering. Lantas bersihkan pasta gigi dengan handuk, tisu basah, atau menggunakan kain. Ulangilah langkah ini tiap-tiap minggu.

Tomat
Ambillah tomat ukuran tengah lantas haluskan. Lumurkan ke muka di mlam hari sebelumnya tidur, pijat perlahan-lahan pada ruang berkomedo sepanjang sebagian menit. Janganlah membersihkannya sampai besok pagi. Antiseptik pada tomat bakal menolong Anda menangani permasalahan kulitmu ini.

Sugar Scrub
Salah satu penyebab komedo merupakan menumpuknya sel kulit mati. Sugar scrub alias lulur gula menolong menyingkirkan sel kulit mati, menghaluskan kulit, menghapus jerawat, melembutkan, serta mencerahkannya.

Pakai juga minyak jojoba bersama dengan sugar scrub. Apabila Kamu tak lebih suka, dapat diganti dengan minyak biji anggur, zaitun alias almond

Buat sendiri sugar scrubmu yuk, mudah kok.

Satu gelas gula (gula pasir alias gula jawa/aren) dicampur dengan 4 sendok minyak jojoba dalam suatu wadah semacam tupperware, aduk rata. Ambil sedikit sugar scrub, softwarean ke tahap yang ada komedo, lalu pijat perlahan. Bilas dengan air bersih. Seusai berakhir simpan di tempat yang sejuk. Sugar scrub ini dapat Kamu gunakan setiap 2-3 kali seminggu.

Bawang Putih, Kulit Jeruk, serta Air Lemon
Bahannya merupakan tiga sendok air lemon, 2 siung bawang putih, setengah tahap kulit jeruk yang telah dijemur dahulu. Blender semua bahan sampai menjadi berbentuk pasta/krim, serta gunakan pada wajah. Diamkan selagi 10 menit. Bilas dengan air hangat sampai bersih. Ulangi 2 kali dalam seminggu.

Sabun serta Garam
Aduk rata setengah sendok garam dengan sesendok sabun untuk muka. Balurkan pada muka dengan cara merata, pijat perlahan. Bilas dengan air dingin seusainya.

Tepung Gram (Besan)
Salah satu tutorial menyingkirkan komedo dari bahan dapur merupakan dengan tepung gram alias gram flour alias besan, dengan membikinnya menjadi krim masker. Caranya merupakan dengan mencampur sesendok susu murni alias air mawar dengan tepung gram. Gunakan sebagai masker. Oleskan pada wajah, serta biarkan mengering. Seusai itu bilas dengan air hangat sampai bersih.

Asam Salisilat
Asam salisilat sangat manjur untuk menghapus komedo yang telah parah serta jerawat dengan membunuh bakteri yang berada di kulit. Kamu dapat membelinya di toko obat dalam bentu salep. Gunakan tutorial ini bila tutorial di atas tak sukses, alias komedo Kamu telah berada di tingkat lanjut. Lumayan pakaikan di tahap berkomedo saja, jangan seluruh wajah.

Benzoil Peroksida (Benzoyl Peroxide)
Merupakan salah satu obat pembunuh bakteri yang ampuh penghilang jerawat serta komedo yang telah sangat parah. Apabila komedo Kamu tetap ringan sebaiknya jangan memakai obat ini.

Ingat, jangan kekurangan minum air putih supaya kulit terhidrasi dengan baik, jadi terhindar dari jerawat serta kelembabannya terjaga. Serta jangan lupa untuk menjaga kebersihan, jangan sentuh wajah dengan keadaan tangan kotor. Jaga makanan, dengan memakan tak sedikit buah serta sayur segar.

Semoga trik menyingkirkan komedo dengan mudah serta alamiah tadi sukses untuk Anda. Apabila tidak, segera konsultasikan ke dokter kulit Anda