MANFAAT BUAH ALPUKAT UNTUK IBU DAN JANIN

Advertisement
Minum jus alpukat di pagi hari setelah sarapan selain enak juga punya banyak manfaat loh. Dan untuk para ibu-ibu hamil, pasti sudah tahu bahwa banyak manfaat buah alpukat untuk ibu hamil. Yuppzz, manfaat buah alpukat untuk ibu hamil berasal dari kandungan asam folatnya yang tinggi. Selain menguatkan saraf bayi, manfaat buah alpukat untuk ibu hamil juga menurunkan resiko bayi terlahir cacat.

Asam folat atau vitamin B9 merupakan bagian dari vitamin B kompleks yakni jenis vitamin yang dapat larut dalam air. Karena sifatnya yang mampu larut dalam air ini membuat vitamin ini tidak bisa tersimpan lama di dalam tubuh. Karena tidak dapat tersimpan lama di dalam tubuh maka dari itu pada masa kehamilan, ibu hamil perlu banyak asupan asam folat setiap harinya untuk membantu tubuh anda dalam memproduksi serta menjaga kesempurnaan DNA dan RNA sebagai bahan genetik tubuh. Baca juga, percantik kulit dengan alpukat.

Beberapa ahli kesehatan sependapat bahwa ada banyak manfaat buah alpukat untuk ibu hamil dan menganjurkan bagi para ibu hamil agar memberikan asupan sumber asam folat yang berasal dari buah-buahan segar ataupun sayur lalap. Mengapa harus sayur lalap? Alasannya karena kandungan asam folat akan hilang ketika sayur di masak.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa buah yang paling banyak mengandung asam folat ialah buah alpukat. Tapi, walaupun banyak manfaat buah alpukat untuk ibu hamil, dikarenakan rasanya yang hambar dan memiliki kadar lemak yang cukup tinggi inilah yang membuat banyak orang memutuskan untuk tidak mengkonsumsi buah yang satu ini.

Padahal, walaupun kandungan lemak dalam alpukat mencapai 20 sampai 30 kali dari jumlah kandungan lemak yang ada pada buah-buahan lain, tapi perlu diketahui bahwa lemak yang terkandung dalam buah alpukat ini adalah lemak tak jenuh tunggal yang ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan menaikkan kolesterol HDL.

manfaat buah alpukat untuk ibu hamil dan janin
Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil tidak hanya karena kandungan asam folatnya yang tinggi. Buah ini merupakan satu-satunya buah yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Untuk para ibu hamil yang membutuhkan banyak lemak sebagai penambah energi mungkin bisa mengkonsumsi buah alpukat ini.

Hasil penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat mengatakan bahwa tri semester pertama pada janin merupakan masa pembentukan sistem saraf termasuk otak dan sumsum tulang belakang. Bayi yang kekurangan asam folat bisa menyebabkan gangguan jantung, cacat pada saluran kemih, bibir sumbing, serta cacat anggota tubuh lainnya.

Kurangnya asam folat ini akan mempengaruhi pembentukan fungsi otak, sumsum tulang belakang dan saraf sehingga mengakibatkan bayi lahir cacat. Jika pasokan asam folat tidak mencukupi kebutuhan janin, maka janin akan mengambil nutrisi dari cadangan sang ibu, hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan sang ibu. Selain susah tidur, ibu juga akan mudah terkena anemia, keletihan, cepat lupa, mudah depresi bahkan berubahnya warna rambut. Selain itu ibu juga terancam bisa terkena kanker payudara, kanker usus besar serta kanker pankreas.

Itulah tadi segelintir manfaat buah alpukat untuk ibu hamil. Mungkin sebagian besar ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan tahu apa saja manfaat buah alpukat untuk ibu hamil. Tapi, buat yang belum tahu, semoga pembahasan mengenai manfaat buah alpukat untuk ibu hamil ini bisa membantu selama proses kehamilan ibu-ibu. Untuk mengetahui manfaat buah alpukat untuk ibu hamil lainnya anda bisa menanyakannya langsung ke pakar kesehatan untuk mengetahuinya secara pasti. Artikel menarik lainnya, manfaat buah pisang hijau untuk pencernaan.
Advertisement
MANFAAT BUAH ALPUKAT UNTUK IBU DAN JANIN | Najla Alliya | 5