Buah Salak dan Manfaatnya

Salacca Edulis adalah nama latin dari buah salak. Salak merupakan salah satu jenis buah yang hidup di negara beriklim tropis. Selain dimakan langsung, buah salak juga biasa dibuat manisan, asinan, atau diolah menjadi keripik salak. Buah salak muda digunakan untuk bahan rujak. Buah salak tidak hanya enak, tetapi juga kaya akan manfaat. Berikut ini buah salak dan manfaatnya terutama untuk diet dan kesehatan mata:

Manfaat Buah Salak Diet
Perempuan pasti bahagia mengetahui buah salak ternyata baik untuk diet. Kandungan zat gizi dan fitonutrien yang terdapat dalam buah salak dapat membantu program diet. Di dalam buah salak terdapat vitamin C sebanyak 2 mg, tanin dan serat. Menurut penelitian, serat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama karena membutuhkan waktu untuk dapat diserap oleh usus.

Buah Salak Baik untuk kesehatan mata
Vitamin A sangat baik untuk memelihara dan menjaga kesehatan mata. Buah salah banyak mengandung vitamin A. Penelitian terakhir menyebutkan bahwa buah salak mengandung betakaroten sebanyak 100 gram, atau kurang lebih 5,5 kali lebih banyak daripada buah mangga, 3 kali lebih banyak dibandingkan buah jambu biji, dan 5 kali lebih banyak dari buah semangka merah.

Buah Salak dan Manfaatnya
Demikian penjabaran singkat mengenai buah salak dan manfaatnya. Banyak anggapan bahwa mengonsumsi buah salak menyebabkan kita sulit buang air besar (BAB), benarkah demikian? Anggapan tersebut benar tapi bisa diatasi. Agar tidak mengalami kesulitas ketika buang air besar, sebaiknya salak dikonsumsi dengan kulit arinya. Jangan menguliti salak sampai bersih dan mambuang kulit arinya yang berwarna transparan dan tipis. Kulit ari salak yang dapat mengatasi kesulitan BAB akibat mengonsumsi salak.

Selain buahnya, bagian dari salak yang bisa dimanfaatkan oleh manusia adalah daun dan tangkainya. Daun dan kulit tangkai daun buah salak dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar anyaman. Jangan lupa untuk membersihkanterlebih dahulu duri-duri buah salak. Selain itu, pohon salak bisa dimanfaatkan sebagai pagar. Pasalnya, duri-duri buah salak hampir tak tertembus, rumpun buah salak kerap ditanam sebagai pagar. Jangan lupa kunjungi juga ya, kandungan buah rambai, buah apaan nih?

Oya, anda juga bisa membaca tentang buah kelubi yang penampakannya seperti salak, aneh juga lho! Makanya orang sering menyebut buah kelubi itu dengan panggilan buah salak palsu bangka...hehe. Oke sampai di sini dulu ya bahasan mengenai buah salak dan manfatnya.