5 Alasan Mengapa Orang Perlu Tidur

Sebagian besar dari kita diprogram untuk menghabiskan sekitar sepertiga dari hidupnya untuk tidur. Tapi kenapa? Lalu apa gunanya tidur ini? Seperti dikutip wikipedia bahwa tidur itu penting untuk kesehatan karena tidur merupakan keadaan istirahat yang alami.

Selama beberapa dekade, para ilmuwan telah mencoba untuk mencari tahu mengapa, tepatnya, manusia membutuhkan tidur begitu banyak. Dan setelah beberapa waktu , tak ada yang mengetatahui secara pasti. Tapi telah ada berbagai hipotesis yang menarik dan dijadikan alasan.

Beberapa peneliti berpendapat bahwa tidur membantu memulihkan tubuh kita. Sebagian Orang berpendapat bahwa tidur bisa membersihkan racun dari otak kita. Yang lain berpendapat bahwa kita berevolusi untuk tidur begitu untuk bersembunyi dari predator.

Hipotesis ini tidak saling berhubugan. Adalah pertanyaan penting mengapa kita butuh tidur ? berikut adalah lima hal yang paling menarik tentang mengapa manusia tidur:

Alasan Mengapa Orang Perlu Tidur
1. Tidur membersihkan otak
Kurang tidur merupakan faktor risiko untuk Alzheimer. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang diterapkan pada tikus, dan tanpa tidur akan terjadi penumpukkan racun di otak sehingga membantu menyebabkan beberapa efek buruk dari kurang tidur.

2. Tidur memperkuat ingatan kita
Hipotesis lain adalah bahwa tidur membantu kita mengkonsolidasikan ingatan. Ada banyak bukti untuk mendukung ini. Dalam beberapa penelitian, para ilmuwan memberi orang sesuatu untuk mengingat dan kemudian harus mereka tidur di laboratorium. (Subyek yang terhubung ke perangkat EEG sehingga peneliti dapat melihat apa fase tidur mereka.) Para peneliti kemudian akan membangunkan mereka pada berbagai tahap dan menguji ingatan mereka pada hari berikutnya.

Seiring waktu, mereka telah menemukan bahwa semua jenis tahapan tidur tampaknya berhubungan dengan penguatan ingatan, serta membuang informasi yang kurang penting. Hal ini membantu kita mengingat bukan hanya fakta dan emosi, tetapi juga hal-hal seperti cara melakukan pekerjaan fisik .

3.Tidur mengembalikan fungsi tubuh
Beberapa peneliti berpendapat bahwa tidur beristirahat dan memperbaiki tubuh adalah alasan utama untuk tidur, meskipun tidak mungkin satu-satunya alasan. Bukti menunjukkan bahwa tidur nyenyak tampaknya menjadi waktu yang diinginkan bagi tubuh untuk melepaskan hormon pertumbuhan dan membuat protein yang berhubungan dengan perbaikan jaringan.

4. Tidur Menghemat Energi
Tubuh yang tTidur menghabiskan lebih sedikit energi daripada yang terjaga, yang berarti bahwa tidur bisa menjadi cara untuk meningkatkan konsumsi energi. Pendapat ini mungkin membantu menjelaskan mengapa banyak makhluk tidur di malam hari daripada siang hari. Malam lebih dingin dari siag hari, jadi makhluk berdarah panas harus mengeluarkan lebih banyak energi untuk tetap hangat jika mereka terjaga.

5. Tidur membantu bersembunyi dari pemangsa.
Beberapa peneliti telah menyatakan bahwa kita (dan hewan lainnya) mungkin telah berevolusi untuk tidur pada malam hari untuk menghindari predator . Setelah semua, tidur memungkinkan kita untuk bersembunyi, menjadi tenang, dan damai untuk waktu yang lama.

Itulah kelima alasan mengapa kita butuh tidur, Yang terpenting bahwa kita tidur untuk beristirahat. Betul, betul, betul !!!