5 Hal Penting Perlu Dilakukan Agar Tetap Sehat

Berikut dari lima pilihan utama yang dapat Anda lakukan untuk membantu tetap sehat. Semoga bermanfaat bagi anda, pilihan gaya hidup ini adalah agar dapat terhindar penyakit jantung, stroke, diabetes, masalah hati, masalah paru-paru, dan kanker tertentu

Apa yang dapat saya lakukan untuk tetap sehat?

Anda tidak boleh merokok
Jika Anda merokok, berhenti merokok hal yang paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko penyakit di masa yang akan datang.Memang sulit untuk berhenti dari kebiasaan buruk ini, tapi berusahalah untuk berhenti.

Lakukan aktivitas fisik dengan teratur
Aktivitas fisik yang membuat Anda sedikit kehabisan napas dan sedikit berkeringat adalah sangat baik misalnya, jogging, berkebun,berenang, bersepeda, jalan cepat setiap hari adalah hal baik. Untuk mendapatkan manfaat, yang harus Anda lakukan minimal 30 menit aktivitas fisik pada hampir setiap hari.

5 Hal Penting Perlu Dilakukan Agar Tetap Sehat
Makan makanan yang sehat
Secara singkat, sebuah diet yang sehat berarti: SETIDAKNYA lima porsi, atau idealnya 7-9 porsi, dari berbagai buah dan sayuran per hari.

Makan makanan berbasis tepung (seperti sereal, roti gandum, kentang, nasi, pasta), ditambah buah dan sayuran.

TIDAK TERLALU KEBANYAKAN MAKAN makanan yang mengandung lemak, seperti daging berlemak, keju, susu full-cream, gorengan, mentega, dll Gunakan rendah lemak, lemak tak jenuh tunggal atau tak jenuh ganda.

MAKANLAH 2-3 porsi ikan per minggu, setidaknya salah satunya harus 'berminyak' (seperti herring, mackerel, sarden, kippers, pilchards, salmon, atau tuna segar).

Jika Anda makan daging yang terbaik adalah untuk makan daging tanpa lemak, atau unggas seperti ayam. Jika Anda menggoreng makanan, gunakan minyak nabati seperti bunga matahari, rapeseed atau zaitun. Cobalah untuk tidak menambahkan banyak garam ke makanan, dan membatasi makanan yang asin.

Turunkan berat badan berlebih
Untuk mempunyai berat badan ideal tidak ada salahnya anda melakukan diet, namun harus dengan cara yang sehat. Jika berat badan anda berlebih, maka turunkanlah. Sesuaikan dengan ukuran tinggi badan. Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang besar dengan kehilangan 5-10% dari berat badan Anda.

Jangan minum minuman beralkohol
Pingin sehat, hindari meminum minuman yang mengandung alkohol walaupun kadarnya nol koma sekian persen. Kalau sudah ketergantungan bisa lebih berbahaya. Bayangkan jika jantung, lambung ataupun organ dalam lainnya bisa terbakar jika mengonsumsi minuman ini secara berkelanjutan. Lebih baik dihentikan kalau pingin sehat. Perempuan hamil sebaiknya tidak minum sama sekali.