Kebiasaan Buruk Saat Menyusui yang Harus Dihindari

Menyusui adalah memberi makan bayi dengan ASI langsung dari payudara wanita (yaitu, melalui laktasi) atau menggunakan susu formula (yaitu, melalui botol bayi). Bayi memiliki refleks mengisap yang memungkinkan mereka untuk menghisap dan menelan susu.

Para ahli merekomendasikan bahwa anak-anak diberikan ASI dalam waktu satu jam setelah lahir, serta pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, serta kemudian ASI sampai usia 2 tahun dengan makanan pendamping yang sesuai dengan usia, gizi yang memadai dan aman.

Menyusui adalah keputusan yang sangat pribadi. Dan merupakan ungkapan rasa sayang kepada bayi. Nah jika  Anda ingin sukses dalam menyusui, jauhi kebiasaan-kebiasaan buruk berikut ini.

Dengan melakukan kebiasaan buruk, dapat menimbulkan gangguan kesehatan, dan juga berpengaruh buruk untuk kesehatan serta tumbuh kembang bayi

Kebiasaan Buruk Saat Menyusui yang Harus Dihindari
Merokok
Nikotin merupakan racun yang terdapat dalam rokok bila terhirup akan masuk dalam tubuh bayi melalui ASI maupun udara dan dapat membahayakan kesehatan ibu dan bayi. Silahkan baca, inilah 5 cara aman hentikan kebiasaan merokok.

Sering minum obat
Hati-hati terhadap kandungan kimiawi obat yang bercampur dengan asi, karena akan berpengaruh terhadap kesehatan bayi. Jadi janganlah sedikit-sedikit pusing lalu minum obat.

Diet ketat
Dengan melakukan diet ketat, maka kebutuhan energi serta  zat gizi yang diperlukan bayi akan sulit untuk terpenuhi selama menyusui dan akan mengganggu kualitas serta kuantitas ASI.

Begadang
Kelelahan dapat membuat kesehatan serta produksi ASI terganggu. Perlu diingat, bahwa kualitas serta kuantitas ASI dipengaruhi pula oleh kondisi emosional sang ibu. Jadi begadang jangan begadang, kalau masih begadang sungguh terlalu.

Minum minuman beralkohol
Inilah yang paling berbahaya. Minum alkohol walaupun tidak secara berlebihan akan membuat proses tumbuh kembang bayi terhambat.

Ingin bayi anda tumbuh dan berkembang secara normal? Hindari kebiasaan- kebiasaan buruk saat menyusui di atas.