Kapan Waktu yang Paling Pas untuk Minum Kopi?

Kebanyakan orang menganggap pada pagi hari adalah merupakan waktu yang paling pas untuk minum kopi. Apalagi waktu selepas bangun tidur langsung sruput minum kopi panas

Kopi dipercaya bisa membuat meningkatnya produksi hormon adrenalin, sehingga akan menimbulkan tubuh lebih bersemangat. Jadi tidak salah jika kopi dimasukkan ke dalam menu sarapan.

Akan tetapi berdasarkan pendapat para ahli bahwa waktu yang tepat dan paling baik untuk minum kopi adalah ada diantara pada jam 9.30-11.30.
Kapan Waktu yang Paling Pas untuk Minum Kopi

Menurut Steven Miller seorang ahli syaraf dari Uniformed Services University of the Heatlh Sciences yang berada di Maryland memberi penjelasan bahwa waktu yang terbaik untuk minum kopi adalah pada saat  hormon kortisol berada pada level rendah. Pada waktu rendahnya hormon kortisol , maka tubuh akan menyerap kafein secara maksimal. Sementara itu jam tubuh alami manusia adalah ada diantara pukul 9.30-11.30 pagi dimana pada saat itu produksi hormon kortisol tengah berada pada titik rendah.

Hormon kortisol erat hubungannya dengan sistem kardiovaskular serta sistem saraf pusat. Penyerapan kaffein oleh tubuh tidak akan efektif jika minum kopi pada waktu produksi hormon kortisol sedang tinggi.

Semangat dan energik pada tubuh manusia dapat bangkit dengan meminum kopi karena zat kafein yang dikandungnya. Akan tetapi harap diperhatikan jumlahnya. Sebab jika terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa memberikan efek buruk bagi tubuh.