Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering Secara Tradisional

Cara mengatasi rambut rontok dan kering secara tradisional bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat, murah, dan tersedia banyak di sekitaran kita.

Rambut adalah aset yang sangat berharga, baik itu untuk wanita ataupun pria. Rambut yang sehat mencerminkan bagaimana mereka dapat menjaga rambut dengan baik hingga terlihat lembut bercahaya. Cuma saja aspek panas, cuaca serta polusi dan beragam jenis style rambut untuk membuat cantik rambut seperti catok, smoothing, pewarnaan rambut bakal mengakibatkan rambut jadi lebih cepat kering, rontok sampai pada akhirnya rusak.

Rambut rontok bukan sekedar berlangsung pada wanita namun juga dihadapi oleh golongan pria. Kerontokan masihlah disebut lumrah jika jumlahnya kurang dari 100 helai /hari. Tetapi untuk wanita hal itu bisa jadi permasalahan yang cukup besar lantaran bisa bikin rasa pede semakin menyusut. Supaya hal semacam itu tak berlangsung ada baiknya kita tahu lebih awal penyebabnya rambut rontok serta langkah menangani rambut rontok itu.


Faktor penyebab rambut rontok dan kering

1. Masalah Hormon
Rambut rontok dapat berlangsung lantaran masalah hormon Alopesia Androgenetik. Hormon ini adalah penyebabnya kebotakan yang paling banyak berlangsung, dengan persentase sebesar 70% pada pria serta 40% pada wanita. Kebotakan lantaran hormon ini adalah satu diantara penyakit keturunan yang dikarenakan oleh penambahan sensitivitas genetik dari folikel rambut pada dihydrotestosterone (DHT).

2. Kurang asupan Gizi serta Vitamin
Konsumsi gizi serta vitamin yang kurang mengakibatkan rambut jadi gampang rontok. Kerontokan yang berlangsung lantaran helaian rambut yang tumbuh menipis serta jadi gampang rapuh. Oleh karenanya, keseimbangan makanan dengan memerhatikan gizi dan vitamin begitu utama serta bisa menangani rambut rontok.

3. Pemakaian Bahan Kimia
Perawatan rambut yang sangat berlebihan dengan memakai bahan kimia jadi satu diantara penyebabnya rambut rontok dan kering. Pewarnaan rambut yang terus-terusan serta memakai dosis yang terlalu berlebih bisa menyebabkan rusaknya rambut. Oleh karenanya, cematilah sebelum lakukan pewarnaan pada rambut.

4. Alat Penata Rambut
Untuk mendukung tampilan supaya senantiasa tampak cantik, kaum hawa umumnya ikhlas menyempatkan diri berjam-jam di salon. Walau sebenarnya perawatan dengan memakai alat pencatokan serta pengeritingan rambut beresiko jelek untuk rambut. Alat catok dipakai dekat dengan kulit kepala hingga bikin akar rambut jadi kering serta rambut jadi lebih cepat patah. Sedang pada alat keriting, rambut dililitkan pada alat serta bikin akar rambut tertarik hingga rambut jadi pecah-pecah serta bercabang.

5. Dampak Samping Obat
Terdapat banyak obat yang mempunyai resikonya bikin rambut rontok. Diantarnya adalah obat yang dipakai untuk mengatasi depresi, obat pengencer darah, obat kemoterapi, serta kontrasepsi. Kerontokan bakal menyusut jika pemakaian obat dihentikan.

6. Jarang Keramas
Rambut rontok dapat juga karena Anda jarang keramas. Rambut bakal jadi berminyak serta lembab. Hal ini bikin rambut jadi rontok, saat ada paparan cahaya matahari yang bikin rambut bercampur dengan keringat. Lalu rambut yang ada pada kulit kepala bisa terserap oleh folikel rambut serta mengakibatkan rambut jadi lepek. Disamping itu, ketika keramas usahakan janganlah sangat kencang menggosok-gosok kepala. Hal itu bisa mengakibatkan kerusakan folikel rambut, lantaran hal itu dapat juga mengakibatkan rambut jadi rontok.

7. Mengikat Rambut Terlalu Kencang
Untuk wanita umumnya mengikat rambut dikerjakan untuk memperindah tampilan. Walau demikian, perlu di perhatikan lemah atau kuatnya ikatan yang di buat. Rambut yang diikat dengan kuat mengakibatkan akar rambut tertarik. Ini bisa bikin terjadinya kerontokan.

8. Penyakit
Terdapat banyak penyakit yang bisa bikin rambut jadi rontok cukup kronis. Penyakit kritis itu salah satunya adalah lupus serta diabetes. Disamping itu dampak dari kemoterapi yang beresiko secara detail pada kulit kepala, muka, serta badan. Kemoterapi ini tak berbentuk permanen serta rambut bisa tumbuh normal kembali sesudah berhenti melakukan kemoterapi dalam beberapa bulan.

9. Dampak lingkungan
Umumnya cuaca yang sangat panas atau dingin dapat mengakibatkan rambut jadi kering sampai menyebabkan kerontokan. Jadi Anda mesti hindari paparan cahaya matahari ataupun cahaya UV dengan cara langsung.

10. Hairdryer
Hairdryer disamping menyingkirkan kelembapan alami rambut, bila digunakan dengan cara terus-terusan dapat mengakibatkan kerontokan pada rambut. Oleh karenanya, gunakan hairdryer jangan terlalu sering. Selain itu, janganlah menggunakan hairdryer dengan jarak sangat dekat, gunakan hairdryer dengan jarak minimum 15 cm.

11. Berenang
Berenang dengan intensitas yang terlaluu sering dapat mengakibatkan rambut kering. Umumnya, bila rambut telah kering, jadi sulit disisir serta ditata yang menyebabkan rambut jadi gampang rontok.

12.  Stress
Aspek stress disamping memengaruhi hormon dapat juga menyebabkan system manfaat jaringan beberapa sel kulit kepala yang mengakibatkan kerontokan pada rambut.

Cara mengatasi rambut rontok dan kering secara tradisional dengan bahan alami

Untuk menjaga agar rambut tidak rontok dan kering, tetap sehat dan terawat, dibutuhkan cara-cara jitu untuk menangani rambut rontok serta kering tersebut supaya rambut selalu jadi perhatian paling utama dalam penampilan Anda.

Rambut yang rontok dan kering bakal mengakibatkan keindahan rambut jadi menyusut. Hingga berimbas pada penampilan. Rambut yang terlihat kusam, rontok serta rusak akan tidak menarik dilihat. Hingga dibutuhkan perawatan ekstra untuk menjaga serta melindungi keindahan rambut untuk senantiasa tampak indah bercahaya.

Untuk menangani rambut rontok sebetulnya sudah banyak produk yang dijual di pasaran, yang konon dapat mengatasi rambut kering serta rontok. Pemakaian hair conditioner dapat kembalikan kelembapan alami rambut, ditambah dengan serum rambut yang bakal menguatkan akar rambut hingga rambut tak gampang rontok serta patah. Tetapi, produk yang berbahan kimia bakal mengakibatkan rusaknya rambut di masa datang.

Mungkin perlu Anda coba cara mengatasi rambut rontok dan kering secara tradisional berikut ini. Tenaang.. aman kok, karena cara ini menggunakan beberapa bahan alami yang ada di sekitaran kita.

Beberapa bahan yang dipakai itu dengan cara alami serta perlahan-lahan bakal kembalikan kelembapan alami rambut Anda serta yang bisa memberikan nutrisi dari dalam rambut Anda hingga terlihat lebih indah bercahaya. Bila Anda sering lakukan masker rambut di salon untuk melindungi kelembapan alami rambut Anda, Anda dapat lakukan masker rambut dirumah sendiri dengan memanfaatkan bahan alami.

Cekidot...

Cara mengatasi rambut rontok dan kering secara tradisional dengan lidah buaya

Salah satu cara untuk mengatasi rambut rontok dan kering yaitu Anda dapat memakai lidah buaya. Lidah buaya konon merupakan tanaman herbal  yang mempunyai manfaat yang begitu baik untuk kecantikan muka serta rambut. Untuk Anda yang mempunyai rambut kering serta rontok dapat menerapkan getah lidah buaya pada rambut Anda. Cukup Anda berikan saja getah lidah buaya serta diamkan beberapa saat sebelum Anda mencuci rambut Anda. Kandungan vitamin E yang ada dalam lidah buaya bakal memberi kelembapan alami pada rambut Anda.

Cara mengatasi rambut rontok dan kering secara tradisional dengan teh hijau

Disamping lidah buaya, Anda dapat memakai teh hijau sebagai bahan alami untuk perawatan rambut Anda. Langkahnya juga cukup gampang cuma dengan menyeduh teh hijau serta diamkan semalam saja. Esok paginya Anda dapat memakai teh hijau ini pada rambut Anda, setelah itu keramaslah. Dengan penggunaan yang teratur, rambut Anda bakal tumbuh dengan subur tak kering serta rontok.

Cara mengatasi rambut rontok dan kering secara tradisional dengan alpukat

Langkah menjaga rambut rontok serta kering dengan cara alami yang lainnya yaitu dengan memakai masker yang terbuat dari alpukat. Anda dapat memakai masker dari buah alpukat yang sudah dihancurkan serta dilumatkan sampai berupa seperti pasta. Aplikasikan pasta yang sudah Anda buat sebagai masker rambut Anda. Cukup berikan masker alpukat pada kulit kepala serta diamkan sebentar, lalu basuh serta bersihkan rambut Anda.

Cara mengatasi rambut rontok dan kering secara tradisional dengan daun seledri + madu

Daun seledri mengandung zat-zat, seperti zat besi, vitamin A, vitamin B serta natrium. Yang mana semua kandungan gizi itu bisa merangsang perkembangan rambut supaya lebih sehat, kuat serta berlikau.

Cara membuat ramuan untuk mengatasi rambut rontok dengan seledri plus madu sangat mudah, ambillah 3 ikat daun seledri, tumbuk sampai halus. Teteskan madu secukupkan kedalam hasil tumbukan seledri tadi serta aduk dengan rata. Berikan hasil tumbukan tadi ke rambut. Diamkan kira-kira10 menit saja supaya seledri dapat meresap. Bila telah usai, basuh dengan memakai air dingin supaya bekas dari seledri tadi dapat terangkat dengan cara sempurna. Lakukan terapi ini minimum 2 kali dalam satu minggu serta kerjakan ketika malam hari sebelum tidur.

Itulah bahasan mengenai cara mengatasi rambut kering serta rontok. Poin penting dari bahasan ini yaitu untuk tidaklah terlalu kerap memakai bahan kimia yang dapat mengakibatkan kerusakan rambut. Seperti bahan kimia pada pewarna rambut, bahan kimia dari pelurus rambut atau pengeriting rambut. Anda bisa styling rambut Anda, dengan catatan Anda mesti rajin menjaga rambut dengan intens serta teratur.

Begitu, mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan share ya...! Baca juga, cara mengembalikan rambut rontok ternyata semudah membalikkan telapak tangan.