MANFAAT BUAH SAWO MANILA BAGI KESEHATAN TUBUH

Advertisement
Manfaat buah sawo manila bagi kesehatan - Jika mendengar kata buah sawo, pasti telinga Anda sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Ya, buah sawo manila atau yang lebih dikenal dengan sebutan buah sawo saja merupakan buah yang sangat populer di kawasan Asia Tenggara, khusunsya di Indonesia. Buah sawo manila secara kasat mata saja memang berbeda dengan buah sawo duren atau buah sawo kecik.

Dapat dikatakan bahwa kawasan Asia ini merupakan produsen dan konsumen utama buah sawo. Selain rasanya yang manis, buah sawo memiliki daging yang lembut dan banyak mengandung kadar air didalamnya. Sehingga buah ini cocok sekali dikonsumsi di daerah tropis karena dapat membantu asupan kadar air dalam tubuh.

Manfaat buah sawo manila
Umumnya buah sawo dikonsumsi dengan memakannya secara langsung dalam keadaan segar. Namun tidak menutup kemungkinan untuk dikonsumsi dalam bentuk olahan seperti selai, sirup atau dicampur dengan es krim. Selain memiliki rasa yang manis, ternyata buah sawo manila juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat buah sawo manila bagi kesehatan:

1. Sebagai sumber serat yang sangat baik bagi tubuh sehingga dapat membatu mengatasi sembelit.
2. Seratnya yang baik sangat berguna untuk mencegah tubuh dari berbagai penyakit kanker.
3. Mengandung mineral dan vitamin A dan C yang berguna untuk meningkatnkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh tidak mudah sakit.
4. Berfungsi sebagai sumber makanan peningkat energi alami karena banyak mengandung fruktosa dan sukrosa.
5. Mengatasi gangguan pada usus dan gastritis.
Buah sawo manila6. Memberikan asupan cairan dalam tubuh, sehingga terhindar dari dehidrasi.
7. Mengandung senyawa fenolik yang berfungsi sebagai anti virus dan bakteri.

Ternyata buah ini tak hanya enak di konsumsi saja, bukan? Buah sawo ini memang banyak disukai oleh hampir setiap orang, karena rasanya yang manis dan harganya yang murah. Selain itu, buah ini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai toko buah dan pasar swalayan. Mengonsumsi buah ini secara teratur dalam jumlah yang cukup dapat membantu badan tetap sehat. Tentu saja hal itu harus didukung dengan makanan sehat dan rutin berolahraga.
Advertisement
MANFAAT BUAH SAWO MANILA BAGI KESEHATAN TUBUH | Najla Alliya | 5